Tentunya ini akan dilakukan secara konsisten, sehingga dapat memberikan manfaat langsung dan berkelanjutan kepada masyarakat sekitar. Sehingga, ke depan masyarakat dapat lebih mandiri secara ekonomi
Jakarta (ANTARA) - PT RMK Energy Tbk (RMKE) menyerahkan bantuan mesin traktor dan peralatan pertanian lain kepada masyarakat di Kelurahan Pulokerto, Kecamatan Gandus, Kota Palembang, sebagai upaya mendorong perekonomian mandiri.

“Tentunya ini akan dilakukan secara konsisten, sehingga dapat memberikan manfaat langsung dan berkelanjutan kepada masyarakat sekitar. Sehingga, ke depan masyarakat dapat lebih mandiri secara ekonomi,” ujar Direktur Operasional RMKE William Saputra dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

William menjelaskan, bantuan alat pertanian merupakan permulaan, setelahnya perseroan akan melakukan pendampingan berkesinambungan, sehingga akan ada peluang introduksi teknologi baru lain yang bisa diterapkan pada budidaya padi sawah.

“Perseroan akan bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang melalui UPTD Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Gandus, agar saling mendukung dalam program yang sedang dijalankan melalui Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) setempat,” ujar William.

Dalam program ini, perseroan memberdayakan masyarakat sesuai dengan potensi desa, dengan luas lahan sawah sebesar 178,5 Ha dan jumlah petani sekitar 80 orang, yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas hasil panen per tahun dari 5,3 ton per Ha menjadi minimal 6 ton per Ha.

Dalam kesempatan sama, Ketua dan Pembina Ikatan Solidaritas Warga Gandus (Iksowdus) Robbi Habiburahman menyampaikan bahwa selain padi sawah, komoditas lain yang diusahakan masyarakat yaitu tanaman cabai, terong, dan sayuran lain.

“Namun, kondisi penanaman sayuran tersebut terbatas jumlahnya, memanfaatkan tersedianya air hujan. Dengan adanya dukungan dari pelaku usaha dalam hal ini RMKE, potensi pengembangan komoditas pertanian dapat dioptimalkan dengan baik,” ujar Robbi.

RMK Energy bergerak di bidang pelayanan jasa logistik batu bara dan trading batu bara, yang meliputi bongkar muat di stasiun Kereta Api (KA), pengangkutan ke pelabuhan, serta pemuatan ke tongkang dan usaha perdagangan batu bara.

Baca juga: RMK Energy angkut 4,3 juta ton batu bara di semester I-2023

Baca juga: RMK Energy angkut 623,9 ribu ton batu bara di Januari, naik 100 persen

 

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023