Jakarta (ANTARA) - Kawasaki Ninja ZX-25R merupakan salah satu motor sport 250cc yang paling populer di Indonesia. Motor ini memiliki spesifikasi yang mumpuni, serta desain yang agresif dan sporty. Namun, harga ZX-25R yang cukup tinggi membuat sebagian orang mempertimbangkan untuk membeli motor ini dalam kondisi second.

Motor ini diluncurkan pada tahun 2020 dan langsung menjadi populer di kalangan pecinta motor sport. Kawasaki Ninja ZX-25R mengusung mesin 4-silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga hingga 39,3 kW atau setara dengan 53,5 hp.

Bagi Anda yang tertarik ingin membeli motor sport yang satu ini, sebaiknya ketahui spesifikasi dan harga ZX25R berikut.

Spesifikasi dan Harga ZX25R

Source: kawasaki-motor.co.id

Seperti judulnya, motor super sport fairing keluaran Kawasaki ini memiliki dua tipe, yaitu tipe ZX25R dan ZX25R ABS SE. Motor pertama merupakan versi standar dari Kawasaki ZX25R.

Untuk spesifikasi detail, motor ini memiliki dimensi P x L x T sebesar 1.980 x 750 x 1.110, dengan berat yang bisa mencapai sekitar 182 kg. Dari segi desain, motor ini menonjol dengan aura kegagahan dan kesan agresif. Diperkuat dengan detail-detail lekukan yang tajam.

Untuk motor yang berwarna hitam, Kawasaki ZX2-5R dipadukan dengan warna merah di bagian sasisnya agar telihat lebih gahar dan menarik. Untuk tampilan warna biru dikombinasikan dengan nuansa silver pada sasis, sementara warna hijau tampil elegan dengan akcent hitam di bagian sasisnya.

Suspensi inverted fork atau yang lebih beken disebut dengan upside down berukuran 38 mm digunakan pada motor super sport ini pada bagian depannya. Sedangkan suspensi horizontal back-link untuk bagian belakang dari ZX25R. Kapasitas bensin yang mampu dibawa oleh ZX25R bisa mencapai 15 liter, sama dengan kapasitas bensin dari tipe motor yang ABS SE.

Pemilik juga bisa mengatur kekerasan suspensi belakang sesuai selera. Untuk spesifikasi pelek dan ban yang digunakan pada motor ZX25R sendiri adalah pelek berukuran 17 inci dan ban berukuran 110/70 di bagian depan. Sementara pelek berukuran sama tapi dengan menggunakan ban berukuran 150/60.

Spesifikasi pelat rem pada bagian depan dan belakang rem motor ini juga berbeda ukurannya. Di mana pelat single disc berukuran 310 mm digunakan untuk rem depan, dan di belakang memakai pelat yang sama tapi berukuran 220 mm.

Varian dari motor ini sendiri ada 3 buah warna, tepatnya warna hijau, hitam, juga biru. Satu hal yang berbeda antara motor Kawasaki ZX25R standar dengan saudaranya yang bertipe ABS SE adalah, motor standarnya tidak memakai fitur quick shifter dan rem ABS (Anti-lock Brake System).

Quick shifter sendiri memungkinkan para pengendara untuk mengganti gigi motor tanpa menggunakan tuas kopling lagi. Biasanya fitur ini dapat ditemukan pada motor sejenis di kelas menengah ke atas, dan dipakai untuk melakukan track day.

Harga ZX25R standar ini dibanderol Rp 105 Juta OTR Jakarta, sedangkan untuk unit second atau bekasnya melansir dari situs jual beli OLX.co.id biasanya dibanderol mulai dari Rp 90 jutaan, tergantung tahun produksinya.

Spesifikasi dan Harga ZX25R ABS SE

Source: kawasaki-motor.co.id

Secara keseluruhan spesifikasi motor ZX25R ABS SE ini tidak berbeda terlalu jauh dengan variasi standarnya. Yang membedakan varian ini dengan yang sebelumnya adalah beberapa fitur terkini yang diberikan.

Diantaranya adalah assist slipper clutch, economy riding indicator, electronic throttle valves, quick shifter, traction control, power modes, abs, dan suspensi belakang yang dapat diatur. Pada fitur power mode, pengguna dapat memilih mode yang dibutuhkan pada saat berkendara.

Beberapa dari kita mungkin masih ada yang belum tahu, sebenarnya apa ABS ini? ABS atau Anti-lock Brake System merupakan teknologi pengereman canggih berbasis hidrolik. Melalui unit komputer actuator, ABS secara cerdas mengatur aliran tekanan hidrolik ke disc brake caliper, memastikan performa pengereman yang optimal.

Yang menjadi perbedaan lain antara motor tipe standar dan ABS adalah warnanya, di mana pada tipe standar hanya tersedia warna bodi dan sasis dengan warna hitam. Sedangkan pada motor ABS SE pada bagian sasisnya ada paduan warna merah. Pada bagian striping, di motor ABS terlihat cenderung lebih ramai dibandingkan dengan yang standar.

Untuk harga ZX25R ABS SE sendiri, harga barunya bisa dibanderol hingga Rp 112 jutaan. Sedangkan untuk harga second nya dibanderol mulai dari Rp 100 jutaan.

Spesifikasi Mesin

Sebagai sesama motor super sport, baik Kawasaki ZX25R standar maupun ABS SE keduanya memiliki tenaga yang cukup tinggi, yaitu torsi maksimalnya bisa sampai 22,9 Nm di 14.500 rpm, dan mencapai hingga 50 hp di 15.500 rpm. Hal yang menambah keunikan pada kedua tipe ini adalah fitur yang dikenal dengan nama Ram Air.

Ram Air sendiri merupakan sebuah fitur khusus yang dirancang untuk memberikan sensasi berbeda saat berkendara dengan kecepatan di atas 80 km/jam. Dengan Ram Air, mesin akan menerima aliran udara yang lebih cepat dan bertekanan dari bagian depan saat melaju dengan cepat. Hasilnya, udara yang diterima oleh box filter menjadi lebih efisien.

Jika dilihat dari mekanismenya, Ram Air ini memiliki prinsip kerja yang mirip dengan supercharged. Saat motor melaju dengan kecepatan di atas 80 km/jam, tekanan angin yang masuk akan dikonversi menjadi tenaga tambahan. Untuk transmisinya sendiri, motor ini dilengkapi dengan 6 percepatan dan rasio kompresi 11,5:1

Untuk spesifikasi mesin sendiri, motor ZX25R dan ZX25R ABS SE sebenarnya memiliki mesin yang sama satu sama lainnya. Di mana mesinnya sebesar 249.8 cc, DOHC, dengan 16 valve dan dilengkapi kopling basah.

Kawasaki juga memikirkan cara supaya mesin pada motor ini tidak mudah panas, yaitu dengan menanamkan radiator. Untuk ukuran ban nya sendiri, baik tipe standar maupun ABS SE sama saja.

Setelah mengetahui spesifikasi serta harga ZX25R dan ZX25R ABS SE, mana yang kira-kira jadi pilihan Anda untuk dimiliki? Seri ninja manapun itu, keduanya merupakan motor super sport berfairing yang sama-sama gahar di jalan raya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023