Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum (Perum) Damri melayani sebanyak 2.366 penumpang selama perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia yang digelar di International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 13-15 Oktober 2023

Tercatat 2.366 penumpang tersebut dilayani Damri dengan menggunakan 20 unit bus.

"Damri berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan melalui Dinas Perhubungan Provinsi NTB yang telah memberikan kepercayaan kepada Damri untuk melayani transportasi di Mandalika dengan tujuan memudahkan mobilisasi penonton maupun masyarakat luas," kata Plt Corporate Secretary Damri Chrystian R.M Pohan dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Adapun, angkutan shuttle luar sirkuit yang dioperasikan Damri dengan rute Eks Bandara Selaparang menuju Sirkuit Mandalika tersebut memiliki jadwal pengantaran dari pukul 07.00-10.00 WITA dan jadwal pemulangan dari pukul 15.30-21.30 WITA.

Selain itu, Damri juga melayani angkutan shuttle khusus dengan mengoperasikan dua unit armada HiAce menuju 360 hills Mandalika.

"Damri siap untuk selalu mendukung program-program pemerintah yang akan datang sebagai bentuk kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah maupun BUMN," kata Pohan.

Diketahui, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan jumlah penonton ajang MotoGP Mandalika 2023 pada 13-15 Oktober 2023 melampaui target.

Sandiaga, dalam keterangan resmi yang diterima Senin, menyebutkan selama tiga hari kegiatan total penonton ajang balapan internasional itu mencapai 102.000 penonton.

Sandiaga menuturkan MotoGP Mandalika 2023 memberikan dampak besar terhadap peningkatan kinerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Terutama, tingkat hunian kamar yang meningkat juga produk UMKM yang banyak diminati wisatawan.

"Kami akan mengkaji dampak ekonomi secara keseluruhan, tapi kami targetkan (dampaknya) sekitar Rp4,5 triliun yang menyamai tahun lalu. Tapi kita harapkan akan ada peningkatannya dan saya berharap ke depan akan lebih banyak lagi kerja sama yang baik di antara kita semua," ucapnya.

Baca juga: Sandi: Kelakar 'pinjam dulu seratus' oleh pembalap MotoGP sesuai tren

Baca juga: Kemenparekraf: Perputaran uang MotoGP Mandalika capai Rp914 miliar

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023