Nanjing (ANTARA) - Jalan bebas hambatan berkonsep pintar sepanjang 56 km, yang dirancang untuk pengemudian otonomos level 4, telah mulai beroperasi sebagai seksi uji coba di dekat Suzhou, Provinsi Jiangsu, China timur, kata departemen transportasi kota itu.

Jalan bebas hambatan dua arah tersebut memiliki fitur peningkatan cerdas berdasarkan dua jalan bebas hambatan konvensional yang menghubungkan Suzhou dengan Taizhou dan Shanghai dengan Yixing.

Dimulai pada 1 Juli, peningkatan selama tiga bulan tersebut memasang 270 set perangkat penginderaan, termasuk radar laser, radar gelombang milimeter, kamera, dan antena, di 55 lokasi di sepanjang jalan bebas hambatan tersebut, guna memastikan lingkungan jalan yang dapat dilalui kendaraan swakemudi.

Salah satu seksi dari jalan bebas hambatan pintar itu, yang membentang sepanjang 6,5 km, dirancang untuk kendaraan swakemudi dengan otomatisasi tinggi, yang juga dikenal sebagai kemudi otonomos level 4, di mana kendaraan nirawak dapat melakukan semua fungsi pengemudian kecuali dalam kondisi tertentu, papar departemen tersebut.

Dalam uji coba demonstrasi di seksi itu, truk nirawak berbobot 49 ton menunjukkan kinerja yang baik dalam mengidentifikasi rintangan, mobil yang bergerak, dan mobil yang mundur, serta menyelesaikan berbagai perilaku mengemudi, termasuk memasuki ramp jalan, berpindah lajur, dan menyalip.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023