Melalui kegiatan seperti ini, akan mengundang antusias masyarakat untuk menyaksikan sekaligus membeli produk olahan.
Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah menyebutkan sebanyak 130 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang meramaikan penyelenggaraan Festival Produk UMKM dan Pameran Budaya.

Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UKM Pemkab Mimika Samuel Yogi, di Timika, Jumat, mengatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan ini dalam rangka memeriahkan HUT ke-27 Kabupaten Mimika pada 2023 ini.

"Sebanyak 130 pelaku UMKM, menampilkan produk olahannya dari berbagai jenis, seperti noken, kuliner, aksesoris Papua, serta ukiran Mimikawee," katanya pula.

Menurut Samuel, kegiatan ini akan berlangsung selama lima hari, yakni sejak 23-17 Oktober 2023 di halaman Gedung Eme Meme Yauware pada Kita Timika.

"Festival Produk UMKM dan Pameran Budaya merupakan kolaborasi antara Dinas Koperasi dan UKM dan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mimika," ujarnya.

Dia menjelaskan Festival Produk UMKM dan Pameran Budaya ini sebagai bentuk perhatian pemerintah untuk memfasilitasi para pelaku UMKM dalam memasarkan produk olahannya.

"Melalui kegiatan seperti ini, akan mengundang antusias masyarakat untuk menyaksikan sekaligus membeli produk olahan," katanya lagi.

Dia menambahkan, pihaknya berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar dan berdampak ekonomis bagi para pelaku UMKM Mimika.

"Dengan rutin menyelenggarakan kegiatan seperti ini, juga akan memotivasi pelaku UMKM untuk berinovasi serta membantu promosi produk lokal," ujarnya lagi.
Baca juga: Sebanyak 20 UMKM Aceh "go global" ke Festival Pasar Senggol Istanbul
Baca juga: BI: Festival Kuliner Ikan Tuna berdampak positif bagi UMKM Gorontalo

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023