Jakarta (ANTARA News) - Komisi X DPR RI tidak menyetujui usulan rencana penghematan yang diajukan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) dalam RAPBN P 2013 sebesar Rp6,140 miliar atau 1,3 persen dari total pagu APBN tahun anggaran 2013

"Komisi X DPR RI menolak usulan PNRI karena berpotensi mengganggu kinerja pelaksanaan program atau kegiatan tahun anggaran 2013," kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Utut Adianto di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Pada Selasa, Komisi X DPR RI menggelar rapat dengar pendapat dengan Ketua PNRI Sri Sularsih.

Dalam rapat tersebut, PNRI mengusulkan dilakukan penghematan anggaran.

"PNRI mengusulkan untuk melakukan penghematan anggaran sebesar Rp 6.140.061.000, atau sebesar 1,3 persen dari total pagu APBN tahun 2013 sebesar Rp 478.694.536.000," ungkap Sri Sularsih.

Namun, usulan tersebut dimentahkan oleh Komisi X dengan tiga alasan:

"Pertama,  berpotensi mengganggu kinerja pelaksanaan program atau kegiatan tahun anggaran 2013," ucap Utut Adianto yang ketika itu bertindak sebagai pemimpin rapat.

Alasan kedua penolakan itu, sambung legislator dari Fraksi PDI Perjuangan tersebut, adalah adanya potensi tidak terpenuhinya kebutuhan anggaran dalam rangka pencapaian output/outcome dari program atau kegiatan prioritas nasional.

Ketiga, proposionalitas usulan rencana penghematan tidak mencerminkan rasionalitas dari pagu anggaran program atau kegiatan.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013