Jakarta (ANTARA) -
Seniman mural dan ilustrator muda Diela Maharanie mendorong untuk kaum perempuan yang menjadi seniman dan menekuni dunia kreatif untuk berkarya secara jujur dan tidak perlu selalu mengikuti tren.
 
"Ngga usah peduli top selling, highest selling, rating, yang penting kalian berkarya secara jujur ngga menyakiti orang," pesannya saat ditemui pada acara Converse "Hack the Store" di Jakarta, Rabu.
 
Ia mengatakan dalam dunia seni, seniman laki-laki masih mendominasi pasar global dengan penjualan karya yang relatif lebih tinggi dibanding seniman atau perupa perempuan.

Baca juga: Tips menggambar masker ala Diela Maharanie
 
Namun ia meyakini karya seni perempuan tidak kalah bagus dan mendorong perempuan untuk terus konsisten berkarya tanpa harus memikirkan pencapaian orang lain.
 
Diela percaya setiap orang memiliki jalan kesuksesannya masing-masing dan tidak perlu harus mengikuti tren. Justru jika menetap pada ciri khas seniman itu sendiri bisa menjadi benang merah yang akan semakin mudah dikenali penikmat seni.
 
"Menjalani karir di industri ini pasti jatuh bangun, tapi konsistensi dalam berkarya yang akan menolong, karena semua orang ada proses perjalanannya," kata seniman lulusan Akuntansi ini.

Baca juga: The Balvenie berkolaborasi dengan Diela Maharanie dalam "Cendrawasih"
 
Ia mengatakan membekali pengetahuan lebih dalam tentang dunia seni dengan mengikuti berbagai workshop dan seminar dengan para profesional, bisa semakin membulatkan tekad dan konsisten menjalankan apa yang diminati.
 
Diela juga mendukung komunitas seniman digital dengan rutin memberikan arahan bagi seniman yang berkarya melalui media digital. Karena ia menyadari generasi saat ini sangat terpapar media digital, sehingga seni digital juga bisa cukup menjanjikan dengan banyak sertifikasi yang juga bisa didapatkan dari karya digital.
 
Diela juga berharap melalui kolaborasi dengan sebuah brand, dapat menjadikan perupa terutama perempuan semakin dikenal dan memberi pengaruh baik pada dunia.

Baca juga: Converse kolaborasi dengan seniman muda luncurkan kreasi untuk Gen Z

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023