Petugas keamanan pelaksanaan TdS di Pasaman sudah dibagi dalam beberapa kelompok...
Lubuk Sikaping (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat mempersiapkan 500 personel keamanan termasuk petugas kesehatan selama pelaksanaan event Tour de Singkarak (TdS) 2013 yang dimulai pada 2 Juni mendatang.

Bupati Pasaman Benny Utama di Lubuk Sikaping, Rabu, mengatakan petugas keamanan terdiri atas sejumlah instansi seperti Polri, TNI termasuk Dinas Perhubungan dan Pol PP.

"Petugas keamanan pelaksanaan TdS di Pasaman sudah dibagi dalam beberapa kelompok atau Penggal dengan jumlah personel sesuai kebutuhan di masing-masing lokasi," ujarnya.

Menurut Bupati, keamanan akan diprioritaskan pada kawasan ramai penduduk, seperti pasar dan setiap persimpangan yang memungkinkan dilewati banyak kendaraan.

Saat ini, Pasaman menjadi salah satu tuan rumah dalam ajang balap internasional tersebut dan merupakan yang pertama kalinya setelah beberapa tahun TdS dilaksanakan di Sumbar.

Untuk itu, Bupati meminta kepada petugas pelaksana keamanan untuk mampu memberikan pelayanan keamanan dalam kegiatan itu dengan sebaiknya mengingat ajang ini menjadi salah satu kebanggaan masyarakat di daerah tersebut.

Sementara itu, Kapolres Pasaman AKBP Joko Purnomo sebagai koordinator keamanan TdS di daerah tersebut mewanti-wanti para petugas untuk dapat mengemban amanah dengan sebaik mungkin.

Pengamanan tersebut sangat ditekankan terhadap manusia, baik para pebalap, masyarakat dan diri petugas sendiri.

"Ajang kali ini akan menentukan apakah Pasaman pantas untuk menjadi tuan rumah TdS untuk masa yang akan datang," ujarnya.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013