Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi XI DPR RI Lim Sui Khiang mengharapkan Chatib Basri selaku Menteri Keuangan baru akan bisa meningkatkan perolehan pajak negara dan mengalokasikan penggunaan sebagian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk investasi di sektor strategis.

"Saya mengharapkan pak Chatib Basri bisa meningkatkan perolehan pajak, atau setidaknya mencapai target perolehan pajak sebesar lebih dari Rp1.000 triliun. Selain itu dia juga diharapkan bisa menginvestasikan lima sampai 10 persen APBN di sektor strategis seperti pertambangan," kata Lim saat dihubungi dari Jakarta, Senin.

Anggota dari Fraksi Partai Demokrat itu mengatakan Menkeu baru nantinya bisa mengusulkan kepada DPR terkait alokasi investasi tersebut. Hal ini penting untuk menambah pemasukan negara.

"Menkeu bisa mengusulkan alokasi investasi APBN ke DPR. Saya sudah bicara dengan beberapa teman-teman di Komisi XI dan mereka setuju. Intinya jangan sampai sektor investasi strategis seperti pertambangan yang menghasilkan imbal hasil dalam waktu cepat, justru didominasi oleh penyertaan modal asing, atau swasta," katanya.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013