Jakarta (ANTARA) - Pebalap MotoGP Marc Marquez mengumumkan akan berpisah dengan Honda Racing Corporation (HRC) pada akhir musim MotoGP mendatang.

"Terima kasih atas perjalanan yang hebat selama 11 tahun bersama. Kami membagikan momen yang tak terlupakan: enam kali juara dunia, lima triple crown, 59 kemenangan, 101 podium, dan 64 pole position bersama," tulis Marc Marquez pada laman resmi media sosialnya, Rabu.

Pebalap asal Spanyol tersebut memutuskan mengakhiri kontrak berdurasi satu tahun yang tersisa dengan HRC.

"Dengan satu tahun yang masih tersisa di kontrak empat tahun yang telah ditandatangani antara HRC dan Marc Marquez, kedua belah pihak telah sepakat untuk mengakhiri kolaborasi mereka setelah menyelesaikan musim Kejuaraan Dunia MotoGP 2023," tulis HRC.

Baca juga: Marquez makin percaya diri setelah raih podium MotoGP Jepang

Pebalap berjuluk Baby Alien tersebut dirumorkan kurang terkesan dengan prototipe RC213 yang akan digunakan HRC pada ajang MotoGP 2024.

"Kedua belah pihak akan terus memberikan dukungan penuh mereka atas sisa putaran Kejuaraan Dunia MotoGP musim 2023," tulis HRC.

Marquez memulai debutnya bersama dengan HRC dengan mengendarai Honda RC213V di tahun 2013. Di tahun tersebut Marquez menjadi pemenang MotoGP kelas utama termuda dan menjadi juara dunia kelas utama MotoGP.

Tercatat bersama HRC, Marquez telah menjadi juara dunia pada tahun 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019.

Saat ini baik Marquez dan motor RC213V kurang memberikan performa yang baik dalam beberapa tahun terakhir ajang MotoGP.

Usai mengalami cedera lengan di sirkuit Jerez, Spanyol, pada 2020, performa Marquez masih belum stabil karena harus berkutat menghadapi cedera. Sejak Oktober tahun lalu, Marquez belum pernah mencicipi podium.

Sementara itu pabrikan HRC dengan motornya RC213V gagal mengembalikan performa dari Marquez untuk kembali kompetitif di atas lintasan. Usai berpisah dengan HRC, Marquez dispekulasikan akan bergabung dengan tim Gresini Racing pada musim depan.

Baca juga: Marquez tak hiraukan rumor terkait tim baru di 2024
Baca juga: Presiden Jokowi dijadwalkan saksikan MotoGP Mandalika

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023