Taspen melalui Program TJSL (Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan) akan terus mendukung program penanaman pohon yang memiliki dampak langsung bagi lingkungan dan masyarakat Indonesia
Jakarta (ANTARA) - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (Taspen) menanam dan membagikan 1000 pohon di sejumlah kantor Taspen Group di kawasan Jabodetabek guna mengatasi polusi udara di area Jakarta dan sekitarnya.

Kegiatan penanaman pohon itu merupakan bagian dari gerakan Gotong Royong Boyong Pohon yang diinisiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Hal ini selaras dengan arahan Bapak Menteri BUMN Erick Thohir yang menyatakan bahwa untuk mengatasi masalah polusi udara di Jakarta harus dimulai dari Insan BUMN. Saya yakin dan percaya, gerakan Gotong Royong Boyong Pohon ini akan efektif mengurangi masalah polusi udara," kata Direktur Utama Taspen ANS Kosasih lewat keterangannya di Jakarta, Selasa.

Kegiatan penanaman pohon dilakukan secara simbolis oleh Jajaran Direksi Taspen dan disaksikan oleh seluruh Insan Taspen di Halaman Kantor Pusat Taspen, Jakarta Pusat.

Kosasih mengatakan, partisipasi Taspen dalam gerakan Gotong Royong Boyong Pohon merupakan komitmen dalam menjaga keberlangsungan lingkungan dan berkontribusi nyata dalam mengatasi dampak perubahan iklim.

Terdapat beragam jenis tanaman yang ditanam di kantor Taspen Group, antara lain jambu air, mangga, jambu kristal, dan jambu Jamaika. Bibit-bibit tanaman ini langsung didatangkan dari lahan persemaian Hutan Organik Megamendung di Bogor, Jawa Barat.

Untuk dampak yang lebih besar, penanaman pohon tidak hanya dilaksanakan di Kantor Pusat Taspen, tapi juga dilakukan oleh seluruh karyawan Taspen Group yang berada di kawasan Jabodetabek.

Direktur Keuangan Taspen Rena Latsmi Puri mengatakan dampak penanaman pohon ini diharapkan dapat menjadikan udara lebih bersih, mengurangi dampak pemanasan global, dan menyerap polusi udara di wilayah Jakarta.

"Taspen melalui Program TJSL (Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan) akan terus mendukung program penanaman pohon yang memiliki dampak langsung bagi lingkungan dan masyarakat Indonesia,” ujar Kosasih..

Selain gerakan Gotong Royong Boyong Pohon, TASPEN juga berkontribusi terhadap lingkungan melalui program TASPEN Lestari, yaitu program penanaman pohon mangrove di sekitar pesisir Pantai di Cirebon, Semarang, Tanjung Pinang, Kupang, Pontianak, dan Denpasar yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah.

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Sella Panduarsa Gareta
Copyright © ANTARA 2023