Tanjungpandan, Kabupaten Belitung (ANTARA News) - Istri Bupati Belitung, Ny Titiek Yoesiati, turut memopulerkan kuliner khas daerah itu "Mie Belitung".

Istri Bupati Darmansyah Husein tersebut memasak "Mie Belitung" bersama Chef Eddrian yang merupakan ahli memasak khusus makanan sehat.

"Mie Belitung merupakan masakan khas Belitung yang menyehatkan karena bahan-bahannya bernutrisi dan tidak mengandung minyak karena serba dikukus," kata Titiek usai memasak.

Acara memasak tersebut dilakukan di sela-sela acara Belitong Beach Festival 2013 di Pantai Tanjung Pendam, Kabupaten Belitung.

"Masakan tradisional memiliki `local wisdom` tersendiri yang patut dilestarikan karena selain sederhana, bahan-bahannya mudah didapat, juga menyehatkan," kata Titek.

Titiek mengatakan, dalam setiap kesempatan dia selalu berusaha mengenalkan kuliner asli Belitung pada khalayak.

"Dalam berbagai kesempatan, saya selalu berusaha mengenalkan masakan Belitung seperti menyajikan menu bagi para tamu dan mengikutsertakannya dalam berbagai pameran kuliner," katanya.

Belitung Beach Festival 2013 dibuka secara resmi hari ini dan akan berlangsung hingga Senin (20/5) mendatang.

Festival dimeriahkan dengan berbagai atraksi budaya, pameran, festival musik, kuliner, dan lain-lain. Adapun Jember Fashion Carnaval direncanakan juga akan memeriahkan pesta pantai tersebut. Belitung Beach Festival diselenggarakan di tiga pantai terindah di Belitung, yaitu Pantai Tanjung Pendam, Tanjung Kalayang, dan Tanjung Tinggi.

(I027/Z002)

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013