Jakarta (ANTARA) - Setelah akhir pekan yang sempurna di Sirkuit Motegi dengan merebut pole, menjuarai Sprint, dan menjadi yang tercepat pada MotoGP Jepang, pembalap Jorge Martin (Prima Pramac) semakin mempersempit jarak dengan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dalam klasemen sementara MotoGP 2023.

"Saya menang di trek basah untuk pertama kalinya, saya sangat senang. Saya merasa dalam kondisi yang sangat baik, dan kami mendapatkan poin-poin penting. Saya senang karena kami semua bekerja sekuat tenaga, dan hasilnya sudah terlihat," kata Martin, dikutip dari keterangan resmi, Senin.

Pembalap asal Spanyol itu memenangkan balapan Sprint untuk kedua kalinya musim ini, dan kemenangannya di kelas premier juga membuatnya hanya terpaut 3 poin saja dari Bagnaia yang telah mengoleksi 319 poin sejauh ini.

Martin berada di belakangnya dengan 316 poin. Melengkapi enam besar ada Marco Bezzecchi (Mooney VR46), Brad Binder (Red Bull KTM), Aleix Espargaro (Aprilia Racing), dan rekan satu tim Martin, Johann Zarco.

Baca juga: Martin juarai Sprint MotoGP Jepang, perkecil jarak dengan Bagnaia
Baca juga: Martin rebut pole MotoGP Jepang, Bezzecchi bangkit dramatis


Berbeda nasib dengan Martin, Zarco terjatuh di salah satu tikungan sebelum bendera merah berkibar, namun ia berhasil kembali menaiki motornya dan melanjutkan balapan.

Namun, para marshal mengarahkannya ke arah yang salah menuju pintu masuk pit lane, menyusul peraturan yang mewajibkan seluruh pengendara untuk mengikuti arahan marshal.

Alhasil, pebalap asal Prancis itu kemudian dikeluarkan dan tidak bisa mengikuti balapan kembali.

"Saya kecewa. Saya memulai dengan baik, memiliki kecepatan, dan bisa melakukannya dengan baik karena saya sedang mengatur posisi. Saya pikir keputusan untuk tidak membiarkan saya melanjutkan balapan adalah keputusan yang tepat karena itu bukan kesalahan saya," kata Zarco.

Sementara itu, podium MotoGP Jepang diisi oleh Martin sebagai yang tercepat, sementara Bagnaia berada tepat di belakangnya dengan selisih waktu tipis 1,413 detik.

Melengkapi tiga besar, ada Marc Marquez (Repsol Honda) yang terpaut 2,013 detik, dan mengamankan podium pertamanya musim ini sejak menempati posisi kedua di MotoGP Australia pada tahun 2021. Ini juga merupakan podium yang ke-140 dalam kariernya dan yang ke-101 di kelas premier.

Putaran selanjutnya untuk MotoGP musim ini akan bergulir di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, pada 13-15 Oktober.

Baca juga: Marquez makin percaya diri setelah raih podium MotoGP Jepang

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023