Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengharapkan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) semakin maju dan berkembang pada Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-59.

“Saya menyampaikan ucapan selamat kepada Provinsi Sulawesi Utara beserta seluruh warga Sulut di manapun berada. Saya berharap Sulut menjadi provinsi yang lebih baik, sejahtera, dan maju,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Hal itu disampaikan Puan saat Penutupan "Discover North Sulawesi" yang merupakan Pameran Promosi Provinsi Sulut 2023 yang digelar selama satu bulan di Jakarta. Dengan "event" menarik itu, Puan berharap Provinsi Sulut yang dikenal dengan sebutan "Bumi Kawanua" itu bisa semakin maju.

“Saya senang sekali dengan Sulawesi Utara, saking senangnya sampai saya sudah lupa berapa kali saya ke sana karena saking seringnya,” ungkap Puan.

Penutupan "Discover North Sulawesi" turut dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Kegiatan itu dihadiri ratusan warga Kawanua (orang Minahasa atau Sulut) yang berada di Jabodetabek.

Baca juga: Ketua DPR minta pemerintah lakukan penanganan khusus kasus perundungan
Baca juga: Ketua DPR harap aturan "social commerce" ciptakan keseimbangan pasar

Puan berharap semarak kemeriahan HUT Sulut hingga sampai ke ibu kota dapat semakin memperkenalkan keunggulan yang dimiliki Sulut.

“Saya berharap promosi yang dilakukan akan membuat Sulut semakin lebih diketahui masyarakat di luar Sulut, baik di seluruh Indonesia maupun sampai dunia internasional,” imbuhnya.

Puan menyebut ada banyak keunggulan maupun potensi yang dimiliki Sulut. Potensi dan keunggulan itu menjadi daya tarik masyarakat di luar Sulut untuk datang ke provinsi tersebut.

“Sulawesi Utara itu benar-benar 'hattrick' daya tariknya. Pertama, alamnya indah. Kedua, makanannya enak-enak, dan ketiga seni budayanya yang ditunjukkan masyarakat Sulawesi Utara terasa indah,” ungkap Puan.

Puan berpesan agar pemimpin dan pemangku kebijakan di Sulut untuk terus berupaya memajukan daerahnya sehingga siap menyambut semakin banyak kedatangan wisatawan.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan Pameran "Discover North Sulawesi" di Jakarta dilakukan untuk mempromosikan dan menjual potensi keragaman Sulut di 15 Kabupaten/Kota. "Event" ini diikuti pelaku pariwisata hingga pelaku usaha produk UMKM, industri, dan ekonomi kreatif Sulut.

“Ini adalah bukti nyata kolaborasi yang kuat antara pemerintah daerah, sektor swasta, dan masyarakat dalam mendukung pembangunan daerah,” jelas Olly.
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023