Pontianak (ANTARA) - PJ Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson mengajak para pelaku ekonomi kreatif untuk lebih kreatif dalam pembuatan dan promosi karya mereka dengan mengoptimalkan media digital dan membangun jaringan pemasaran serta promosi produk.

"Dalam upaya memajukan sektor pariwisata Kalimantan Barat, saya mendorong para pemuda kreatif Kalbar untuk aktif dalam pengembangan ekonomi digital dan kreatif. Pentingnya generasi muda untuk menjadi lebih melek teknologi sebagai sumber daya potensial yang dapat memberikan edukasi dan kontribusi signifikan dalam pengembangan serta pemasaran pariwisata," kata Harisson di Pontianak, Jumat.

Untuk itu, dia menegaskan, para pemuda kreatif di Kalimantan Barat harus menjadi generasi yang lebih melek teknologi, karena mereka merupakan sumber daya potensial yang dapat memberikan edukasi dan mengembangkan diri dalam melakukan pengembangan dan memasarkan pariwisata di Kalimantan Barat.

Dirinya mencontohkan beberapa jenis ekonomi kreatif yang bisa dikembangkan oleh generasi muda Kalbar seperti musik yang dapat mendukung bakat musikal lokal, produksi musik tradisional atau modern yang mencerminkan keunikan Kalimantan Barat.

Selain itu penggunaan aplikasi digital juga harus dilakukan untuk mendorong pengembangan aplikasi mobile atau perangkat lunak yang dapat mempermudah pengalaman wisatawan sekaligus mempromosikan destinasi pariwisata.

"Kemudian desain grafis yang dapat memanfaatkan keindahan budaya dan alam Kalimantan Barat dalam desain untuk materi promosi pariwisata," tuturnya.

Dia menjelaskan, ekonomi kreatif dianggap sebagai salah satu tulang punggung perekonomian nasional, dengan pemerintah provinsi memberikan dukungan melalui regulasi seperti Perda Nomor 2 Tahun 2019 tentang RPJMD Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2018-2023 dan Pergub Nomor 15 Tahun 2019 tentang Penetapan Renstra Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2018-2023.

Harisson juga menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat atas sinergi dalam pembinaan pelaku ekonomi kreatif di wilayah tersebut.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat yang selama ini telah bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat dalam melakukan pembinaan kepada pelaku ekonomi kreatif di Kalimantan Barat," kata Harisson.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023