Medan (ANTARA News) - PT Pertamina Gas (Pertagas) akan membangun pipa sepanjang 340 kilometer dari PT Arun di Aceh hingga Sicanang Medan Belawan sebagai jaringan distribusi ke ibukota Sumatera Utara.

"Kami akan melakukan penanaman pipa dari Aceh ke Kota Medan yang diharapkan kedepannya dapat menjadi solusi bagi kota ini dalam akan kebutuhan gas," kata GM Project PT Pertagas Aman Manurung saat beraudiensi dengan Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri di Medan Rabu.

Pembangunan pipa gas tersebut nantinya akan melewati beberapa daerah di Sumatera Utara seperti Kabupaten Langkat dan Deli Serdang.

Saat ini pihaknya sedang melakukan studi lapangan yang pelaksanaan pembangunannya dijadwalkan pada Oktober 2013.

"Jangka panjangnya pasokan gas ini nantinya tidak saja Kota Medan tapi nantinya sampai ke Sei Mangkei dan diharapkan dengan pasokan gas ini nantinya dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat," katanya.

Sementara Sekda Kota Medan Syaiful Bahri mengatakan pihaknya sangat mendukung program tersebut karena dengan demikian nantinya akan berdampak pada peningkatan perekonomian di daerah itu.

Untuk itu ia berharap PT Pertamina Gas dapat secepatnya merealisasikan proyek tersebut, dan untuk itu Pemkot Medan siap membantu terutama dalam hal pembebeasan lahan yang akan terkena pembangunan pipa gas tersebut.

"Pemkot Medan siap membantu semua yang dibutuhkan dan kami harap PT Pertamina Gas agar melakukan ekspose di Bappeda, agar nantinya wilayah mana saja yang terkena pembebasan lahan, secepatnya bisa dilakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Pewarta: Juraidi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013