Jakarta (ANTARA) - Pembalap Honda Racing (HRC) Marc Marquez tidak menghiraukan rumor terkait potensinya untuk pindah ke tim balap baru pada MotoGP musim 2024.

"Dalam pikiran saya, saya cukup jelas, dari sisi mental saya tidak memiliki keraguan tentang diri saya atau apa yang terbaik untuk situasi ini," kata Marquez, dikutip dari keterangan resmi MotoGP, Jumat.

Ia tidak bicara secara terang-terangan terkait masa depannya di MotoGP musim mendatang. Namun, Marquez mengaku masih percaya diri dengan performanya di tim pabrikan Honda, walaupun awal musim ini cukup menantang baginya menyusul sejumlah kecelakaan yang menimpanya.

"Kami bekerja bersama-sama, sangat sulit untuk mendapatkan hasil terbaik sesegera mungkin. Target kami sama, yaitu untuk menemukan cara terbaik, dan mode terbaik untuk meningkatkan proyek (kemitraan) ini di masa depan," ujar Marquez.

"Di situlah kami bekerja sama, karena hubungan kami dengan Honda bukan sebatas pembalap dan pabrikan saja. Itu adalah hubungan spesial dengan kebersamaan bertahun-tahun, mereka telah memberi saya banyak hal, saya telah memberi mereka banyak hal. Ini adalah hubungan yang spesial," ujarnya.

Baca juga: Marquez masih enggan umumkan rencana kontrak 2024

Lebih lanjut, juara dunia delapan kali itu mengatakan telah bicara dan bekerja sama dengan Honda untuk menemukan evaluasi dan perbaikan yang diperlukan demi mengarungi putaran-putaran akhir MotoGP tahun ini.

Ia mengaku cukup yakin dengan kemajuan yang diraih oleh tim sejauh ini, terlebih, pada MotoGP India, pekan lalu, ia berhasil berdiri di atas podium Sprint dan cukup kompetitif di balapan utama.

"India adalah akhir pekan yang sangat bagus bagi seluruh tim Repsol Honda dan itu sangat penting bagi tim. Di pihak saya, kami bekerja dengan baik, ini adalah akhir pekan yang solid terlepas dari kecelakaan kecil di Tikungan 1," ungkap Marquez.

"Saya menikmatinya, ketika Anda berada di lima besar, enam besar, itu perasaan yang berbeda dan Anda bisa berkendara dengan cara yang berbeda, bahkan mentalitas Anda benar-benar berbeda. Tapi saya tidak pernah menyerah. Komitmen saya tetap sama," imbuhnya.

Sementara itu, MotoGP Jepang bergulir mulai Jumat (29/9) hingga Minggu (1/10) di Sirkuit Motegi.

Baca juga: Marquez dan Mir bawa Honda percaya diri hadapi MotoGP Jepang
Baca juga: Statistik MotoGP Jepang di Motegi

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023