Jakarta (ANTARA News) - PT Panasonic Gobel Indonesia bersama Panasonic Lighting Indonesia (PLI) mengumumkan peluncuran lampu LED terbaru berteknologi Jepang dan hemat energi hingga 86 persen dengan durabilitas 25 tahun serta bercahaya terang nan jernih.

"Kami melihat bahwa tingkat kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya penghematan energi telah meningkat. Karena itu, ini merupakan saat yang tepat bagi Panasonic untuk memasuki pasar lampu LED dengan menawarkan produk lampu yang tahan lama, berteknologi Jepang serta hemat energi," ujar Presiden Director Panasonic Gobel Indonesia Hiroyoshi Suga, Rabu.

Menurut dia, cahaya lebih terang tanpa radiasi panas dan sinar UV serta menggunakan teknologi kotak hitam, membuat lampu LED Panasonic kuat dan memiliki proteksi saat lampu menyala.

Di Indonesia, Panasonic berencana menjual 9 juta buah untuk semua model lampu, termasuk CFL dan FL.

Sales Manager Battery And Lighting PT Panasonic Gobel Indonesia Arief Wibowo mengatakan LED diproduksi di pabrik ramah lingkungan PLI, Pasuruan, Jawa Timur, dengan menawarkan warna, yaitu 2700kelvin dan 6500kelvin.

Lampu LED itu diklaim hemat energi dan bertahan hingga 15 tahun (25 ribu jam), dan memiliki tiga tipe, yaitu 5 Watt sebanding dengan 40 watt incandescent lampu , 8 Watt sebanding 60 watt incandescent lampu , dan 10 Watt yang sebanding dengan incandescent lampu.

"Dengan kualitas pancaran yang terang, lampu ini mampu menghemat jumlah energi yang dibutuhkan guna menyalakan lampu," kata dia.

Panasonic manargetkan bisa menaikkan penjualan produk lampu ramah lingkungan hingga 95 persen dari total produksi . "Target ini dapat dicapai melalui inovasi lampu LED Panasonic yang akan dijual sebanyak 200 ribu buah," kata Arief.

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013