Saya tidak berani memastikan, karena para kiai yang selama ini mendampingi Bu Khofifah yang akan mengumumkan dalam waktu dekat, tapi dari tiga nama itu sudah mengerucut ke satu nama,"
Surabaya (ANTARA News) - Calon kuat pendamping Bakal Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sudah mengerucut ke satu dari tiga nama yang diunggulkan yakni Ketua Dewan Pembina DPW Partai Nasdem Jatim H Hasan Aminuddin.

"Saya tidak berani memastikan, karena para kiai yang selama ini mendampingi Bu Khofifah yang akan mengumumkan dalam waktu dekat, tapi dari tiga nama itu sudah mengerucut ke satu nama," kata Ketua DPW Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB) Jatim H Faisol Karim kepada Antara di Surabaya, Senin.

Sumber lain menyebutkan tiga calon yang sempat dibidik tim Khofifah adalah Hasan Aminuddin (politisi yang mantan Bupati Probolinggo), Herman S Sumawiredja (mantan Kapolda Jatim), dan Ridwan Hisyam (politisi senior Golkar Jatim).

Menurut Faisol Karim, satu nama yang berpeluang kuat mendampingi Khofifah adalah Hasan Aminuddin yang merupakan tokoh Nasdem Jatim dan mantan Bupati Probolinggo yang selama ini juga terlibat dalam tim pencalonan Ketua Umum PP Muslimat NU itu.

"Ya, beliau calon terkuat, namun belum menjadi keputusan resmi, melainkan dari ketiga calon, ya beliau yang diunggulkan," katanya saat ditemui dalam sebuah pertemuan di Surabaya.

Secara terpisah, Ketua DPW Partai Matahari Bangsa (PMB) Jawa Timur Ahmad Zainuddin HR menjelaskan pihaknya juga telah menerima kabar dari tim internal yang memercayakan pendamping Khofifah dalam Pilkada Jatim 2013 adalah Hasan Aminuddin.

"Insya-Allah, peluangnya sudah di atas 90 persen. Tunggu, namanya akan segera diumumkan. Yang jelas, kami hanya mensyaratkan pendamping dengan elektabilitas yang tinggi. Kami tidak melihat siapapun orangnya, tapi orang itu memiliki elektabilitas tinggi atau tidak," katanya.

Sumber lain menyebutkan pembahasan ketiga nama itu akhirnya memang tinggal dua nama yakni Hasan Aminuddin dan Herman S Sumawiredja, namun penentuan satu nama memang cukup alot, karena pertimbangan elektabilitas yang cukup cermat.

"Pak Herman Sumawiredja sempat diunggulkan karena mewakili pihak yang senasib dengan Bu Khofifah dalam Pilkada Jatim 2008, namun pak Hasan Aminuddin tinggal tunggu resminya," kata sumber yang enggan disebutkan namanya itu.

Mengenai jumlah kursi parpol pendukung Khofifah untuk mendaftar KPU, sumber itu menjamin jumlah parpol melebihi batas minimal kursi yang diatur KPU sebesar 15 persen. "Hingga kini sudah 17 persen lebih, jadi kami jamin cukuplah," kata sumber itu.

(E011/I007)

Pewarta: Edy M Ya`kub
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013