Pontianak (ANTARA News) - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengimbau Kalimantan Barat tidak banyak mengonsumsi produk impor karena bisa memperkaya negara lain.

"Jangan sampai kita memperkaya negara lain. Dan itu membahayakan kita sendiri. Harus sangat disikapi, kita harus lebih cerdas," kata Gita saat memberikan kuliah umum di depan para dosen dan mahasiswa Universitas Tanjungpura Pontianak, Jumat.

Padahal, menurut Mendag, banyak produk impor yang dibeli bangsa Indonesia ternyata tidak sehat atau berbahaya, misalnya mainan anak yang dapat membuat anak terluka.

Kemudian ada buah impor yang berkulit mengkilat dan licin yang dilapisi formalin dan mengandung pestisida. "Kita senang beli produk murah dan bikin kenyang, tetapi tidak memikirkan dampaknya," ucapnya.

Sebelumnya dalam kuliah umum yang juga disaksikan Rektor Untan Prof Thamrin Usman DEA itu Mendag mengatakan Indonesia bisa belajar dari Korea Selatan yang telah berhasil memproduksi berbagai barang elektronika bermerk seperti Samsung dan LG.

"Mudah-mudahan hal itu bisa menjadi inspirasi kita untuk berkarya. Jangan sampai nanti terjadi kita mandi memakai sabun merk samsung, bedak samsung, dan produk lainnya," ujarnya disambut tawa peserta kuliah umum.

Pewarta: Nurul Hayat
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013