Jadi sekarang dilakukan penataan ulang lagi ya dan supaya aman. Kita lihat di mana sumber kebakaran. Oleh karena itu sedang ditata lagi untuk dilakukan pengamanan-pengamanan
Shanghai, China (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyebutkan bahwa pemerintah saat ini terus mengidentifikasi dampak dari kebakaran Museum Nasional.

"Ke depan, prioritas utama dari Museum Nasional Indonesia dan Badan Layanan Umum Museum Cagar Budaya itu sekarang ya sedang mengidentifikasi dan memperbaiki ruangan museum yang terdampak dan memastikan keamanannya," kata Wapres Ma'ruf Amin di Shanghai, China, Selasa.

Kebakaran melanda Museum Nasional atau disebut juga Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada Sabtu (16/9) malam. Kobaran api terlihat muncul di bagian belakang Museum Nasional dan menyebabkan atap dan tembok bangunan bagian belakang musuem ambruk.

"Jadi sekarang dilakukan penataan ulang lagi ya dan supaya aman. Kita lihat di mana sumber kebakaran. Oleh karena itu sedang ditata lagi untuk dilakukan pengamanan-pengamanan," kata Wapres.

Wapres menyebut ia mendapat informasi, bahwa Museum Nasional Indonesia kebakaran namun telah terkendali.

"Koleksi-koleksi hasil repatriasi dari Belanda itu tidak terdampak, aman, di lokasi yang jauh dari pusat kebakaran," tambah Wapres.

Sebelumnya Pelaksana Tugas Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya Ahmad Mahendra menyebut sejumlah koleksi di Museum Nasional Indonesia usai terdampak kebakaran gedung, masih banyak yang utuh.

Mahendra mengatakan tim identifikasi yang terbentuk atas kurator dan konservator tersebut tengah bekerja untuk mengumpulkan data-data koleksi cagar budaya yang terdampak.

Selain itu, proses evakuasi akan segera dilakukan di lima ruangan terbakar yang sudah diperbolehkan perizinannya dari Puslabfor Mabes Polri.

Untuk proses evakuasi, pihak Museum Nasional Indonesia telah mempersiapkan ruangan khusus untuk mengevakuasi sejumlah koleksi yang terdampak dari ruang yang terbakar.

Hingga saat ini, total 16 orang saksi telah dipanggil oleh pihak kepolisian untuk agenda pemeriksaan penyebab kebakaran gedung A dari kompleks Museum Nasional.

Kronologi kebakaran berawal ketika petugas keamanan sedang melaksanakan apel. Tidak lama kemudian sekitar pukul 19.58 WIB, terjadi ledakan yang cukup keras dari arah bedeng yang sedang mengerjakan proyek renovasi Museum Nasional.

Museum Nasional Republik Indonesia atau Museum Gajah, adalah sebuah museum arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi yang terletak di Gambir, Jakarta Pusat dan persisnya di Jalan Medan Merdeka Barat No 12. Museum ini merupakan museum pertama dan terbesar di Indonesia.

Museum beroperasi setiap hari kecuali hari besar keagamaan dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Baca juga: MCB sebut ada 817 koleksi Museum Nasional yang terdampak kebakaran

Baca juga: Museum Nasional mulai proses inventarisasi koleksi pascakebakaran

Baca juga: Museum Nasional bentuk tim identifikasi koleksi pascakebakaran

Baca juga: Polisi akui sulit identifikasi benda sejarah di Museum Nasional

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023