Total sejak 2016 hingga wisuda ke-16 pada 2023 ini sudah ada 5.151 lulusan Itera yang diharapkan dapat berkontribusi bagi Indonesia dan wilayahnya masing-masing
Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) berkomitmen menghasilkan sumber daya manusia (SDM) unggul melalui program akademik yang selalu adaptif dengan konsep pengembangan berkelanjutan sesuai perkembangan iptek dan peradaban.

"Kurikulum berbasis konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digulirkan oleh Kemendikbudristek diharmonisasi secara sungguh-sungguh dalam penyelenggaraan kegiatan akademik kemahasiswaan di Itera," kata Rektor Itera Prof I Nyoman Pugeg Aryantha pada wisuda Itera ke-16 di Lampung Selatan, Sabtu.

Menurutnya, program kampus merdeka dipandang relevan dan positif dalam mengantisipasi perubahan peradaban di era digital yang ditandai dengan kondisi volatile, uncertain, complex dan ambigue (VUCA).

Komitmen dan keseriusan Itera dalam program ini, kata dia, tercermin dari raihan pendanaan. Pada tahun 2022, Itera memperoleh apresiasi dari kelembagaan sebagai perguruan tinggi baru yang mendapatkan 4 pendanaan PKKM sekaligus yaitu 2 pendanaan PKKM on going dan 2 pendanaan baru ISS-MBKM.

"Pada Tahun 2023 Itera mendapatkan kembali hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) on going yaitu Prodi Biologi dan pendanaan baru hibah PKKM untuk Prodi Kimia," kata dia.

Rektor meyakini dengan berbagai bekal ilmu dan keterampilan yang diperoleh mahasiswa selama studi di Itera akan menjadi bekal tersendiri untuk berkiprah dan memberi kontribusi yang signifikan dalam pembangunan negeri ini.

"Dinamika tempaan pengalaman soft skill serta jalinan komunikasi networking yang saudara-saudara dapatkan selama masa perkuliahan akan menjadi modal penting bagi lulusan Itera dalam mengemban misi sebagai agen perubahan positif di masyarakat," katanya.

Menurutnya, gemblengan dan asahan berpikir dari para dosen dalam menghasilkan jiwa entrepreneurship dengan ide – ide dan inovasi kreatif sesuai bidang mahasiswa membuat Itera semakin yakin para sarjana lulusan kampus kelak dapat mengisi peluang-peluang kepemimpinan masa depan di negeri ini.

"Pemimpin yang mampu membawa perubahan ke arah lebih baik dalam memajukan Sumatera khususnya dan mendukung visi masa depan Indonesia Emas sesuai cita-cita kemerdekaan menjadi bangsa yang sejahtera, adil dan makmur, berdaulat, kuat dan disegani dunia," katanya.

Ia mengatakan bahwa sejauh ini sejak wisuda pertama Itera pada 2016, kampus ini telah melahirkan wisudawan sebanyak 5.151 orang sarjana teknik dan sains untuk Sumatera dan Indonesia.

Pada 2023 ni adalah wisuda ke-16 Itera dengan 930 wisudawan, yang terdiri atas 205 lulusan Jurusan Sains, 280 lulusan Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan dan 445 lulusan Jurusan Teknologi Produksi dan Industri.

"Total sejak 2016 hingga wisuda ke-16 pada 2023 ini sudah ada 5.151 lulusan Itera yang diharapkan dapat berkontribusi bagi Indonesia dan wilayahnya masing-masing," demikian I Nyoman Pugeg Aryantha.

Baca juga: Itera kerja sama penguatan dosen dan riset dengan IPB University

Baca juga: CROWDE dan LPPM ITERA kolaborasi bangun SDM pertanian

Baca juga: Itera mampu ciptakan generasi unggul berdaya saing

Baca juga: Itera berkomitmen menjadi kampus berkelanjutan 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023