Kuala Lumpur (ANTARA) - Badan Antariksa Malaysia (MYSA) mengembangkan pedoman studi kelayakan pengembangan lokasi peluncuran luar angkasa.

Menteri Sains, Teknologi dan Inovasi Malaysia Chang Lin Kang dalam pernyataan media di Putrajaya, Kamis, mengatakan sebagai upaya menjajaki peluang ekonomi baru, Kementeriannya melalui MYSA sedang mengembangkan pedoman studi kelayakan pengembangan lokasi peluncuran ke luar angkasa.

Dia menilai Malaysia memiliki potensi besar untuk terlibat dalam pengembangan fasilitas peluncuran luar angkasa.

Jika diwujudkan, dia berpandangan fasilitas itu menjadi yang ke-16 di dunia dan menjadikan Malaysia sebagai negara kesembilan yang memiliki fasilitas tersebut.

Letak geografis Malaysia yang unik dekat Khatulistiwa memberikan keuntungan mengembangkan layanan fasilitas peluncuran dengan biaya operasional yang jauh lebih kompetitif, ujar dia.

Baca juga: RI anggap “Halo-Halo Bandung” bukan isu sensitif dengan Malaysia

Sejauh ini MYSA sedang mengadakan sesi perjanjian dengan beberapa pihak dan industri yang berminat mengembangkan fasilitas tersebut.

Keterlibatan pemerintah dalam industri ini diperkirakan akan mengembangkan ekonomi antariksa dengan nilai 10 miliar ringgit Malaysia (Rp32,8 triliun)  pada 2030, selain pertumbuhan 500 start up teknologi antariksa, yang selanjutnya menciptakan 5.000 lapangan kerja.

Malaysia juga sedang menyusun Program Nasional Pengembangan Satelit Penginderaan Jauh (PSPJN) melalui strategi kemitraan publik dan swasta yang diharapkan dimulai pada 2026.

Program tersebut, menurut dia, penting untuk menjamin kelangsungan kepemilikan data strategis negara yang juga mendukung efektivitas operasional 50 paket sistem aplikasi yang telah dikembangkan MYSA.

Baca juga: Malaysia Jadi Tuan Rumah WEPACK ASEAN 2023 pada November Mendatang

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023