Banda Aceh (ANTARA News) - Aparat Polresta Banda Aceh menangkap seorang laki-laki diduga sebagai penyandang dana dalam aksi penembakan yang menyebabkan tewasnya kader Partai Nasional Aceh di Kabupaten Pidie.

Kapolresta Banda Aceh Kombes (Pol) Moffan membenarkan aksi penangkapan terhadap Bt (42) di salah satu loket mobil penumpang di Banda Aceh, Kamis sekitar pukul 18.00 WIB.

"Kami hanya melakukan penangkapan atas informasi yang diberikan Polres Pidie.Kami hanya membantu Polres Pidie," kata Kapolresta Banda Aceh menambahkan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Satgas PNA Pidie Muhammad bin Zainal Abidin (35) tewas ditembak orang tidak dikenal di kawasan Gampong (desa) Blang Beureueh, Kecamatan Mutiara Kabupaten Pidie, Aceh, Jumat sekitar pukul 07.00 WIB.

Korban ditemukan tidak bernyawa lagi dalam sungai bersama mobilnya dan dijasadnya juga terdapat luka tembak.

Selanjutnya pada Senin (29/4), tim gabungan Polres Pidie dan Satuan Reskrim Polda Aceh menangkap dua orang yang diduga sebagai penembak Muhammad bin Zainal Abidin alias Cekgu.

Namun pihak kepolisian setempat menyebutkan hasil penyelidikan sementara bahwa penembakan itu dilatari masalah sabu dan tidak ada unsur politik.

Kapolresta Banda Aceh Kombes (Pol) Moffan menjelaskan, pihaknya melakukan pengintaian terhadap tersangka selama dua hari, sebelum penangkapan.

Selanjutnya, tersangka yang diduga sebagai penyandang dana dalam aksi penembakan kader PNA itu akan dibawa ke Mapolres Pidie, di Kota Sigli atau sekitar 120 kilometer timur Kota Banda Aceh.

Pewarta: Azhari
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013