Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita penting dan menarik menghiasi Jakarta, Rabu (13/9) mulai Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menilai, penerapan tilang terhadap kendaraan tidak lolos uji emisi efektif untuk memberikan efek jera kepada masyarakat hingga sejumlah gedung tinggi milik swasta di Jakarta siap memasang pompa bertekanan tinggi (water mist generator) untuk membuat kabut air guna menekan polusi udara.

Berikut rangkumannya : 


1. Tilang uji emisi dinilai efektif berikan jera kepada masyarakat

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto menilai, penerapan tilang terhadap kendaraan tidak lolos atau belum uji emisi efektif untuk memberikan efek jera kepada masyarakat.

"Kalau kami merasa bahwa itu efektif. Jadi, itu merupakan efek jera dan itu pembelajaran kepada masyarakat juga," kata Asep saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya klik di sini

  2. Legislator: Perlu kolaborasi untuk tegakan aturan terkait uji emisi

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Justin Adrian Untayana mengemukakan perlu ada kolaborasi antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Kepolisian dalam penegakan aturan terkait uji emisi.

Menurut dia, polisi semestinya tidak begitu saja meniadakan tilang terhadap kendaraan yang tak lolos uji emisi. Apalagi sampai hari ini Jakarta masih menjadi kota dengan udara terburuk di dunia.

Berita selengkapnya klik di sini

  3. Disdik DKI libatkan puskesmas sosialisasikan PHBS di sekolah

Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi DKI Jakarta menyatakan sudah melibatkan puskesmas terdekat, untuk melakukan sosialisasi pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) supaya warga sekolah tetap sehat selama menghadapi polusi udara Ibu Kota yang masih buruk.

“Antara dinas kesehatan dan dinas pendidikan itu sudah berkolaborasi, sudah bekerja sama dari dahulu. Yang mana kerja sama dari dinas kesehatan melalui fasilitas kesehatan khususnya puskesmas, itu mulai dari Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Kita saling membantu, mengisi dan melengkapi,” kata Plt. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Purwosusilo di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya klik di sini

  4. Legislator perjuangkan status 14 ribu nakes honorer jadi ASN

Ketua Komisi E DPRD Provinsi DKI Jakarta Iman Satria memperjuangkan status 14 ribu tenaga kesehatan dari berstatus kontrak atau honorer menjadi aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

"Apresiasi tinggi perlu diberikan kepada nakes berstatus honor di Dinas Kesehatan karena telah menjadi garda terdepan pelayanan pada masyarakat, terutama saat pandemi COVID-19 beberapa waktu lalu," kata Iman saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya klik di sini

  5. 700 gedung milik swasta di DKI Jakarta siap pasang "water mist"

Sekitar 700 gedung tinggi milik perusahaan swasta di DKI Jakarta siap dipasang pompa bertekanan tinggi (water mist generator) untuk membuat kabut air guna menekan polusi udara.

"Sudah ada sekitar 700 pemilik gedung. Mereka mendukung program dengan 'water mist'," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023