Sorong (ANTARA News) - Pada peringatan setengah abad kembalinya Irian Barat ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Ketua Panitia Jimmy Demianus Ijie meminta "hadiah" pada Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo.

Dia mengatakan, Sorong sebagai pintu masuk menuju Papua merupakan kota yang terus berkembang. Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa visi Walikota Sorong adalah menjadikan kota itu sebagai kota termaju di Papua. Namun, Jimmy menambahkan bahwa ada yang belum lengkap bila ingin mewujudkan visi itu.

"Tapi bila ingin maju, dan tidak ada sport center di sini, itu belum maju," seloroh Wakil Ketua DPRD Papua Barat di Gedung Sumbire, Sorong, Papua Barat, Rabu dalam sambutan Seminar Nasional "Mau Kemana Papua? Refleksi 50 Tahun Integrasi".

Sementara itu, Roy mengatakan pembangunan perlu dikawal masyarakat asli Papua.

"Tentang sarana dan prasarana daerah, saya ingin kalau ada warga di daerah tersebut, bisa anggota DPR, ajukan itu kepada kementerian pemuda dan olahraga, sehingga ada yang mengkawal," tutur Roy.

"Kira tidak ingin pembangunan dengan sistem langsung ditaruh tanpa dikawal, tidak ada yang mengawasi, supaya itu mengerti milik daerah langsung, dikawal oleh putera daerah, dan kami dari pemerintah bisa bekerja sama."

Dia melanjutkan, pola itu sudah mulai dilaksanakan dan mulai direspon dengan baik oleh daerah-daerah. Roy menjelaskan, pola seperti itu dibuat agar tertib anggaran dan tertib administrasi.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013