Uji coba kolaboratif ini digagas setelah GDS berhasil memiliki kapasitas pusat data baru di Singapura.

Singapura, (ANTARA/PRNewswire)- GDS, perusahaan terkemuka yang mengembangkan dan mengelola pusat data berkinerja tinggi, bersama SK ecoplant, unit usaha yang bergerak di sektor energi dan energi milik konglomerasi asal Korea Selatan SK Group, hari ini berkolaborasi untuk menguji coba solusi pasokan listrik dengan sel bahan bakar (fuel cell power supply) di pusat data GDS yang segera hadir di Singapura. Uji coba ini menjajaki opsi sumber energi hijau yang berkelanjutan bagi fasilitas pusat data di Singapura. Lewat inisiatif ini, kedua perusahaan membuktikan komitmen besar dalam pembangunan berkelanjutan dan pemanfaatan sumber energi terbarukan di Singapura. 

Dalam kontrak kerja sama sebelumnya, GDS dan SK ecoplant berkomitmen meningkatkan aplikasi solusi power supply yang ramah lingkungan dengan sel bahan bakar untuk pusat data di Asia Tenggara. Dibandingkan sumber listrik biasa, sel bahan bakar mengubah energi kimiawi hidrogen atau sumber energi terbarukan lain menjadi listrik. Hal ini menghasilkan proses produksi energi yang sangat ramah lingkungan dengan emisi karbon yang jauh lebih rendah bahkan mencapai nol.

Pencapaian terbaru GDS dalam memperoleh kapasitas pusat data baru menjadi basis dari kolaborasi bersama mitra-mitra terbaik untuk merintis dua proyek percontohan di Singapura sebagai studi kasus penggunaan sumber energi hidrogen. Proyek pertama, bekerja sama dengan SK ecoplant, menjajaki aplikasi teknologi solid oxide fuel cell (SOFC) untuk menghasilkan listrik dari hidrogen hijau sebagai sumber listrik utama. Proyek kedua melibatkan suplai listrik yang diproduksi secara lokal dari hidrogen yang diimpor mitra-mitra energi. GDS menilai, dua proyek ini akan menjadi proof of concept penting di Singapura, serta secara efektif mempercepat perkembangan dan kemajuan hidrogen sebagai sumber listrik yang reliabel.

Dalam uji coba tersebut, GDS akan memakai teknologi mutakhir dan mengandalkan keahlian industri yang luas untuk mengembangkan pusat data terbaik di Singapura. SK ecoplant akan berkolaborasi dengan mitra strategis, Bloom Energy, untuk menghasilkan listrik rendah karbon dengan memanfaatkan teknologi SOFC. Uji coba ini akan dimulai dengan instalasi sel bahan bakar berskala kecil, dan pada tahap awal akan memakai gas alam sebagai bahan baku pengganti hidrogen. Setelah infrastruktur, rantai pasok, dan kerangka regulasi hidrogen di Singapura memadai, GDS dan SK Ecoplant akan mempertimbangkan pembangkit listrik yang didukung SOFC secara lebih luas pada masa mendatang.

William Huang, Chairman & CEO, GDS, berkata, "Saya gembira atas kolaborasi yang terjalin dengan SK ecoplant. Kolaborasi ini akan memperkuat posisi strategis dan ekspansi kami di Asia Tenggara. Lebih lagi, kolaborasi ini tidak hanya meningkatkan aspek ramah lingkungan dan rendah karbon dari pusat data kami, namun juga menjadi basis penggunaan energi hijau berskala luas pada masa mendatang. Dengan dukungan SK ecoplant, GDS bekerja keras mencapai target tersebut, termasuk menjadi pihak pertama yang menerapkan teknologi GDS untuk memasok listrik di pusat data, serta membangun pusat data pertama yang memakai sel bahan bakar di Asia Tenggara."

SK ecoplant menilai, kolaborasi ini akan menghadirkan banyak peluang pertumbuhan menarik di pasar energi terbarukan Asia Tenggara. "Kami akan semakin gencar menyasar beragam pasar sel bahan bakar. Apalagi, kami telah berpengalaman dalam solusi pembangkit listrik berskala besar dengan sel bahan bakar, mulai dari sel bahan bakar untuk pembangkit listrik berskala besar seperti di pusat data dan rumah sakit," kata Kyung-il Park, CEO, SK ecoplant. Dia juga berkata, "Kami akan melakukan ekspor dengan menguasai pangsa pasar sel bahan bakar dunia lewat kerja sama dengan perusahaan domestik, dan mitra kami Bloom Energi, di proyek tersebut."

Sebagai pemimpin industri pusat data, GDS sangat berkomitmen mencapai target netralitas karbon pada 2030, salah satunya melalui kerja sama dengan SK ecoplant. Melalui uji coba pemanfaatan hidrogen sebagai sumber listrik yang memakai teknologi SOFC, kolaborasi ini sangat sejalan dengan target Strategi Hidrogen Nasional Singapura, yakni memenuhi 50% proyeksi kebutuhan listrik di Singapura pada 2050 dengan hidrogen yang rendah karbon.

Tentang GDS Holdings Limited

GDS (NASDAQ: GDS; HKEX: 9698) adalah perusahaan terkemuka yang mengembangkan dan mengelola pusat data berkinerja tinggi di Tiongkok dan Asia Tenggara. Fasilitas pusat data GDS memiliki lokasi strategis di pusat ekonomi utama. Di lokasi-lokasi ini, layanan pusat data berkinerja tinggi sangat dibutuhkan. GDS berpengalaman selama 22 tahun dalam menyediakan layanan, serta sukses memenuhi kebutuhan beberapa klien dengan kebutuhan terbesar dan terkompleks untuk layanan pusat data alih daya (outsourced data center) di Tiongkok. GDS melayani lebih dari 840 klien sebagai penyedia layanan pusat data carrier-neutral yang terbesar. Memiliki lebih dari 100 pusat data, GDS menawarkan layanan pusat data bagi penyedia layanan komputasi awan (cloud) hyperscale, perusahaan internet berskala besar, lembaga keuangan, operator telekomunikasi, penyedia layanan TI, serta pelaku sektor swasta berskala besar, dan perusahaan multinasional. Menyadari potensi pertumbuhan Asia, GDS mendirikan kantor pusat internasional di Singapura pada 2021. Lewat langkah ini, GDS mengembangkan strategi di Asia Tenggara untuk melayani klien dan berkontribusi terhadap ekosistem ekonomi digital di wilayah tersebut. Informasi lebih lanjut tentang GDS tersedia di http://www.gds-services.com.

Tentang Bloom Energy

Bloom Energy adalah penyedia teknologi inovatif solid oxide fuel cell yang menghasilkan listrik bersih dan sangat efisien dari berbagai sumber bahan bakar. Platform solid oxide Bloom Energy untuk pembangkit listrik terdistribusikan dan hidrogen telah mengubah masa depan energi. Kalangan perusahaan yang terdaftar di peringkat "Fortune 100" di seluruh dunia memilih Bloom Energy sebagai mitra tepercaya yang memasok energi dengan karbon yang lebih rendah pada masa kini, dan masa depan dengan nol karbon. Informasi lebih lanjut tersedia di www.bloomenergy.com

Tentang SK ecoplant

Dengan mengintegrasikan transformasi digital pada seluruh rantai nilai bisnis lingkungan hidup, SK ecoplant memperbarui bisnis dan mempercepat ekspansi di pasar global. Langkah ini dijalankan SK ecoplant dari kantor pusat globalnya di Asia Tenggara. SK ecoplant telah berkembang pesat di sektor energi terbarukan, termasuk hidrogen, sel bahan bakar, pembangkit listrik tenaga bayu lepas pantai, dan fotovoltaik. SK ecoplant memiliki rantai nilai industri energi yang bersifat "self-completing", meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan penggunaan. SK ecoplant memiliki daya saing di seluruh sektor energi terbarukan, seperti pembangkit listrik tenaga bayu lepas pantai, fotovoltaik, sel bahan bakar hidrogen, hidrogen hijau, serta amonia hijau. Untuk pembangkit listrik tenaga bayu lepas pantai, SK ecoplant menjadi perusahaan pertama di Korea yang membangun rantai nilai lengkap, mencakup pengembangan bisnis, izin dan lisensi, produksi struktur, EPC, dan pembangkit listrik. Merambah segmen pembangkit listrik tenaga bayu terapung di lepas pantai, SK ecoplant mengembangkan teknologi independen dan rantai nilai yang kompetitif. SK ecoplant juga berkomitmen pada tata kelola yang mengutamakan ESG demi mewujudkan pertumbuhan berkelanjutan, serta mengatasi isu lingkungan hidup dan energi dunia, serta mencapai ekonomi sirkular tanpa sampah dan karbon.

Related stocks: HongKong:9698 NASDAQ:GDS

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023