Beijing (ANTARA) - Pasar kendaraan penumpang China terus bertumbuh pada Agustus dengan adanya peningkatan angka penjualan retail dan ekspor, demikian data industri yang dirilis pada Jumat (8/9).

Menurut Asosiasi Mobil Penumpang China (China Passenger Car Association/CPCA), sebanyak 1,92 juta mobil penumpang telah terjual melalui jalur retail pada Agustus, naik 2,5 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Tingkat pertumbuhan penjualan retail pada Agustus merupakan yang tertinggi untuk periode yang sama dalam sejarah, mengalahkan rekor kenaikan 2 persen sebelumnya yang tercatat pada Agustus 2017.

CPCA menyebut, meski China menghadapi tantangan berupa topan, hujan badai, dan suhu tinggi, penjualan mobil di negeri Tirai Bambu itu mencatatkan pertumbuhan yang relatif cepat.

Asosiasi tersebut mengaitkan pertumbuhan penjualan ini dengan kebijakan prokonsumsi yang diluncurkan oleh pemerintah pusat dan kegiatan promosi di tingkat daerah. Langkah-langkah tersebut membantu meningkatkan kepercayaan konsumen.

Pada periode Januari-Agustus, penjualan retail mobil penumpang mencapai 13,22 juta unit, naik 2 persen (yoy).

Ekspor mobil penumpang pada bulan lalu mencapai 438.000 unit, masih menurut CPCA, meningkat 42 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Dalam delapan bulan pertama 2023, ekspor mobil China melonjak 69 persen (yoy) menjadi sekitar 3,22 juta unit, tunjuk data tersebut.

Untuk September, CPCA memperkirakan liburan Festival Pertengahan Musim Gugur dan Hari Nasional mendatang, yang tahun ini diperkirakan berlangsung selama delapan hari, akan membantu memacu pembelian mobil.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023