Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (6/9), mulai dari ketua MPR puji kepemimpinan Presiden Joko Widodo di KTT ASEAN hingga menteri luar negeri Rusia tiba di Indonesia untuk menghadiri KTT ASEAN.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Ketua MPR puji kepemimpinan Jokowi di KTT ASEAN

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memuji kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo dalam Konferensi Tinggi Ke-43 ASEAN karena di bawah kepemimpinan Indonesia semakin jelas terlihat ASEAN bukan alat (proxy) dari kekuatan negara-negara adidaya dunia.

“Sebagaimana juga ditegaskan Presiden RI Joko Widodo bahwa ASEAN bukan proxy bagi kekuatan mana pun. ASEAN merupakan kawasan yang siap bekerja sama dengan siapa pun demi perdamaian dan kemakmuran masyarakat dunia,” kata Bambang Soesatyo selepas menghadiri pembukaan KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya klik di sini.


2. Ketua MPR: Netralitas TNI-Polri mutlak demi pemilu damai

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyatakan anggota TNI dan Polri mutlak bersikap netral menjelang dan selama pemilihan umum (pemilu) karena sikap itu perlu demi membantu mewujudkan Pemilu 2024 yang damai.

Bambang Soesatyo, saat menerima Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, menjelaskan TNI harus berdiri di atas kepentingan negara, bukan memenuhi keinginan partai politik atau kelompok tertentu.

“Netralitas anggota TNI dan Polri mutlak diperlukan guna menciptakan pemilu yang damai dan bahagia. Sebagai institusi negara yang bertugas menjaga pertahanan dan kedaulatan negara, TNI harus berdiri di atas kepentingan nasional, bukan di atas kepentingan partai politik atau kelompok tertentu,” katanya.

Selengkapnya klik di sini.


3. Jokowi ingin kerja sama perdagangan RI-Bangladesh dioptimalkan

Presiden Joko Widodo menginginkan kerja sama perdagangan RI dengan Bangladesh bisa dioptimalkan dan ditingkatkan seiring pertumbuhan nilai perdagangan kedua negara dalam lima tahun terakhir.

Hal itu menjadi salah satu isu yang disampaikan Presiden Widodo dalam pengantarnya pada pertemuan bilateral dengan Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin di Ruang Kakaktua, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu, di sela penyelenggaraan KTT Ke-43 ASEAN hari kedua.

"Dalam bidang perdagangan, perdagangan kita meningkat signifikan sebesar 19,9 persen dalam lima tahun terakhir. Ini harus dioptimalkan," kata Presiden dalam pengantarnya di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya klik di sini.


4. Wakil Presiden AS dan PM Australia tiba di Indonesia hadiri KTT ASEAN

Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, Selasa, untuk menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta.

Berdasarkan informasi Biro Pers Sekretariat Presiden yang terbit di Jakarta, Kamala tiba sekitar pukul 22.00 WIB.

Kehadiran Kamala di Bandara Soekarno-Hatta disambut oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin.

Selengkapnya klik di sini.


5. Menlu Rusia Sergey Lavrov tiba di Indonesia hadiri KTT ASEAN

Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, Rabu siang, untuk menghadiri KTT ASEAN 2023 di Jakarta.

Kedatangan Sergey Lavrov, seperti diinformasikan Sekretariat Presiden melalui siaran langsung YouTube di Jakarta, disambut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian.

Kedatangan Menlu Sergey Lavrov di Indonesia diiringi dengan jajaran pasukan kehormatan serta tarian tradisional Indonesia.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023