Beijing (ANTARA) - Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA) pada Kamis (31/8) mulai menjaring nama untuk sejumlah kendaraan baru yang akan melakukan misi penjelajahan Bulan berawak pada masa depan.

Publik diajak untuk terlibat memberikan nama generasi baru wahana antariksa berawak dan wahana pendarat Bulan berawak tersebut, kata CMSA.

Menurut laporan sebelumnya, China berencana mendaratkan taikonautnya di Bulan sebelum 2030 untuk melakukan eksplorasi ilmiah. Rencananya adalah meluncurkan dua roket pengangkut untuk mengirim sebuah wahana pendarat Bulan dan sebuah wahana antariksa berawak ke orbit Bulan.

Wahana antariksa dan wahana pendarat Bulan itu akan melakukan pertemuan (rendezvous) dan penambatan (dock) satu sama lain, dan kemudian taikonaut akan memasuki wahana pendarat tersebut.

Proses penjaringan nama-nama tersebut terbuka untuk umum dan akan berlangsung hingga 30 September. Kegiatan tersebut ditujukan bagi mereka yang antusias dengan program luar angkasa berawak China, kata CMSA.

Pada Kamis yang sama, CMSA mulai mengumpulkan logo untuk empat misi program antariksa berawak China pada 2024, termasuk peluncuran wahana kargo Tianzhou-7 dan Tianzhou-8, serta wahana antariksa berawak Shenzhou-18 dan Shenzhou-19.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023