Karawang (ANTARA News) - Komisi X DPR RI  meninjau Universitas Singaperbangsa Karawang  dalam rangka peralihan status dari perguruan tinggi swasta menjadi negeri.

"Dalam kunjungan kerja ke Karawang kali ini, Komisi X DPR RI ingin melihat secara langsung kondisi kampus Unsika yang statusnya akan beralih dari swasta menjadi negeri," kata Wakil Ketua Komisi X DPR Utut Adianto di Karawang Senin.

Dikatakannya, pengelola Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) harus melakukan berbagai persiapan yang matang agar proses alih status dari swasta menjadi negeri berjalan lancar.

Untuk persyaratan teknis dan administrasi peralihan status universitas swasta menjadi negeri sudah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sementara DPR hanya mendorong kebijakan mengenai hal tersebut.

"Mulai dari ketersediaan lahan beserta aspek legalnya, kualifikasi dosen, ketentuan fakultas dan program studi, itu harus benar-benar diperhatikan menjelang peralihan status Unsika dari swasta menjadi negeri," kata Utut.

Anggota Komisi X DPR RI Popong Otje Djundjunan menilai kondisi saat ini sepertinya sudah mengharuskan Unsika beralih status dari swasta menjadi negeri. Sebab di Karawang belum ada satupun kampus negeri.

Idealnya, kata dia, Unsika tetap bertahan sebagai perguruan tinggi swasta yang unggul serta kualitasnya dapat bersaing dengan perguruan tinggi negeri.

"Jika bertahan sebagai perguruan tinggi swasta berat, sudah saatnya Unsika menjadi perguruan tinggi negeri. Paling tidak, adanya kampus negeri di Karawang sebagai penghargaan. Karena Karawang berperan dalam kemerdekaan RI, termasuk naskah proklamasi dibuat di Karawang," kata Popong.

Pewarta: M Ali Khumaini
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013