Goma, Kongo (ANTARA) - Lebih dari 40 orang tewas dan 56 terluka ketika tentara menggunakan kekerasan untuk memadamkan demonstrasi anti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Kota Goma di Kongo timur pada Rabu (30/8), kata pemerintah Kongo.

Pasukan Kongo secara paksa membubarkan demonstrasi terhadap misi penjaga perdamaian PBB dan misi-misi asing lainnya setelah rekaman penyerangan terhadap seorang polisi beredar di media sosial. Reuters tidak bisa memastikan kebenaran rekaman tersebut.

Sebelumnya, pejabat setempat mengatakan bahwa seorang polisi dilempari batu sampai tewas dan enam pedemo terbunuh saat tentara turun tangan.

Tapi dalam sebuah pernyataan pada Kamis (31/8), pemerintah mengumumkan bahwa jumlah kematian bertambah menjadi 43 sementara 158 orang lainnya ditahan. Saat ini, masih dilakukan investigasi oleh pihak militer.

Rekaman di media sosial yang belum terbukti kebenarannya memperlihatkan tentara sedang menumpukkan jenazah-jenazah ke sebuah truk, yang kemudian berangkat meninggalkan Goma.

Anne-Sylvie Linder, kepala cabang Palang Merah Internasional di Goma, mengatakan kliniknya menerima banyak pasien dengan luka parah akibat tusukan dan luka tembak setelah demonstrasi itu.

"Sebagian sudah meninggal ketika tiba di klinik," katanya.

Misi penjaga perdamaian PBB di Kongo timur, yang dikenal sebagai MONUSCO, menyampaikan duka cita melalui sebuah pernyataan dan menyatakan khawatir dengan ancaman kekerasan.

PBB mendukung otoritas Kongo untuk segera melakukan investigasi independen dan meminta otoritas agar bersikap manusiawi dalam memperlakukan orang-orang yang ditahan serta menghormati hak-hak mereka.

Misi PBB tersebut sudah menghadapi protes sejak 2022 yang sebagian dipicu oleh kekecewaan atas kegagalan misi tersebut dalam melindungi warga sipil dari kekerasan milisi yang sudah berlangsung puluhan tahun.

Pada Juli 2022, juga terjadi protes anti-MONUSCO yang menyebabkan lebih dari 15 orang tewas, termasuk tiga anggota penjaga perdamaian di Goma dan Butembo.

Sumber: Reuters

Baca juga: Sedikitnya 15 orang tewas dalam demonstrasi anti PBB di Kongo

Baca juga: PBB kutuk serangan tewaskan pasukan perdamaian RI di Kongo


 

Mengantar kepergian pasukan MONUSCO yang gugur di Kongo

Penerjemah: Atman Ahdiat
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2023