Rencana VW dan General Motors mau masuk ke Indonesia merupakan hal yang postif bagi perekonomian Indonesia
Jakarta (ANTARA News) - Dua raksasa otomotif dunia VW dari Jerman, dan General Motors (GM), Amerika Seikat menyampaikan minatnya untuk merealisasikan investasi di Indonesia, demikian menurut Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri

"Mereka (VW dan General Motors) menunjukkan keseriusannya untuk berinvestasi di sini," ujar Chatib setelah paparan "Realisasi Investasi PMA-PMDN Triwulan I 2013, di Gedung BKPM, Jakarta, Senin.

Menurut Chatib, pada pekan lalu perwakilan dari VW dan General Motors tersebut sudah datang ke Indonesia.

"Mereka tentunya bukan ingin melihat bagaimana kondisi kemacetan yang terjadi khususnya di Jakarta, tapi menyampaikan minat investasi," ujar Chatib.

Keduanya ingin mempelajari dan melihat secara langsung bagaimana proses investasi dan saja yang harus dipersiapkan jika ingin menenamkan modalnya di Indonesia.

Meski demikian, Chatib belum merinci lebih lanjut seberapa besar rencana nilai investasi yang akan digelontorkan kedua perusahaan tersebut, termasuk waktu kapan realisasinya.

Ia hanya menjelaskan, selain Jepang, ternyata raksasa otomotif Jerman dan Amerika juga berminat untuk investasi di Indonesia.

Apple Inc

Selain VW dan General Motors, Chatib juga menginformasikan bahwa Apple Inc, perusahaan teknologi terkemuka di dunia segera merealisasikan investasinya.

Menurutnya, perusahaan yang berkantor pusat di California, itu sudah menyerahkan business license-nya ke Indonesia.

"Kita tunggu saja, karena business license sudah ditandatangani pada Januari 2013. Untuk itu kita berharap Apple segera merealisasikan investasinya," ujar Chatib.

Dengan kedatangan Apple ke Indonesia diutarakannya, diharapkan bisa memberi efek bagi industri Tanah Air, karena akan diikuti perusahaan teknologi informasi lainnya karena telah menjadi ikon perkembangan teknologi global.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013