Kita sudah buat aturan internal dan akan kita buktikan kecuali diajak"
Jakarta (ANTARA News) - Partai NasDem berkomitmen untuk tidak mengusung calon presiden jika tidak masuk tiga besar perolehan suara pada Pemilu 2014.

"Bila Partai NasDem tak masuk 3 besar Pemilu 2014, kita tak akan ikut mencalonkan presiden. Begitu juga dengan di provinsi dan kabupaten/kota," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem, Ferry Mursyidan Baldan di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Senin.

Menurut dia, komitmen tersebut merupakan bentuk pembelajaran demokrasi kepada masyarakat.

"Perlu ada reward and punishment politik, harus ada patokan. Kita (NasDem) harus berani memberikan reward and punisment kepada diri sendiri sehingga masyarakat bisa percaya. Politik tak selalu identik dengan kekuasaan," ungkap Ferry.

Ia juga meminta masyarakat untuk memegang janji dan komitmen Partai NasDem tersebut. "Kita sudah buat aturan internal dan akan kita buktikan kecuali diajak dan menjadi follower. Masyarakat juga harus mengawal," kata Ferry.

Terkait caleg Partai NasDem yang mayoritas anak-anak muda hingga 70 persen, Ferry menyebutkan, rekrutmen caleg muda merupakan bentuk perwujudan dari restorasi yang digaungkan NasDem.

"Kita menginginkan adanya restorasi ke arah yang lebih baik bagi bangsa ini. Kaum muda merupakan orang yang pas untuk mewujudkannya," kata mantan politisi Partai Golkar itu.

Ia menyebutkan, beberapa anak muda seperti mantan pebulutangkis nasional, Ricky Subagja, mantan pelatih Timnas, Nil Maizar, Melly Manahutu, Mel Sandy merupakan anak muda yang memiliki kapasitas dan kemampuan untuk mewujudkan restorasi itu.

"Banyak politisi baru yang kita rekrut. Bukan berarti mengalih profesi mereka menjadi politisi. Kita jelaskan bagaimana konsep restorasi ini dan Alhamdulillah, tak ada kesulitan. Begitu juga dengan caleg perempuan. Kita sampaikan bahwa dunia politik bukan dunia yang kejam, tapi dunia yang memiliki seni dan peran yang besar," kata Ferry.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013