Jakarta (ANTARA/JACX) - Imam Masykur, pria 25 tahun yang diduga dihilangkan nyawanya oleh tiga oknum prajurit TNI, sedang menjadi topik hangat di media sosial pada akhir Agustus 2023.

Perantau asal Aceh itu tercatat diculik oknum aparat tersebut, di daerah Tangerang Selatan pada 12 Agustus 2023. Sebelum meninggal, Imam Masykur diduga dianiaya Anggota TNI, yakni Praka RM, Praka HS, dan Praka J.

Seiring tersebarnya informasi soal Imam Masykur, beredar pula rekaman penyiksaan seorang pria di dalam mobil. 
Video penyiksaan tersebut kini telah tersebar luas dan dikaitkan dengan kasus yang menimpa Imam Masykur. 

"Tak hanya itu, pelaku juga mengirimkan video penyiksaan Imam Masykur kepada keluarganya.
Setelah itu, korban tidak lagi bisa dihubungi dan tidak pulang-pulang lagi ke rumah.
Karena itu, keluarga korban bernama Said Sulaiman melaporkan kejadian tersebut ke Polda Metro Jaya pada 14 Agustus 2023," demikian isi salah satu narasi di platform "X" yang menghubungkan video penyiksaan pria di mobil dengan kasus Imam Masykur.

Bahkan, rekaman gambar dan narasi serupa juga telah dibagikan seorang Anggota DPR RI pada 27 Agustus 2023.

Namun, benarkah video pria disiksa di mobil terkait dengan kasus Imam Masykur?
 
Tangkapan layar video berisi narasi hoaks yang menyatakan pria disiksa di mobil terkait dengan kasus Imam Masykur (X)


Penjelasan:
Komandan Polisi Militer Komando Daerah Militer V/Jayakarta (Pomdam Jaya) Kolonel Cpm Irsyad Hamdie Bey Anwar menegaskan bahwa pria dalam rekaman itu bukanlah Imam Masykur.

"Bukan, itu hoaks. Itu tidak ada kaitannya dengan kejadian (Imam Masykur) ini," terang Danpomdam Jaya menjawab pertanyaan wartawan di Markas Pomdam Jaya, Jakarta, Selasa (29/8).

Kolonel Cpm Irsyad Hamdie Bey Anwar menjelaskan berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan Pomdam Jaya korban penculikan bukan hanya Imam Masykur seorang. Namun, ada satu warga sipil lainnya.

“Korban satu lagi satudilepas di sekitar Tol Cikeas. Itu dilepas karena mendapati korban kondisinya sudah agak, napas juga susah,“ kata Kolonel Irsyad. 

Mengacu berita ANTARA, ada tiga prajurit TNI, yang seluruhnya prajurit TNI Angkatan Darat (AD), yaitu Praka RM (anggota Paspampres RI), Praka HS (anggota Direktorat Topografi TNI AD), dan Praka J (anggota Kodam Iskandar Muda), bersama seorang warga sipil berinisial ZSS (kakak ipar Praka RM), menculik, memeras, dan menganiaya Imam Masykur hingga tewas.

Klaim: Video pria disiksa di mobil terkait dengan Imam Masykur
Rating: Hoaks

Baca juga: Pomdam Jaya periksa 8 saksi dalami kasus Praka RM dan 2 prajurit AD

Baca juga: Panglima: Prajurit penganiaya warga Aceh hingga tewas dihukum berat

Cek fakta: Hoaks! Video aksi penembakan TNI ke kapal Malaysia

 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023