Liverpool (ANTARA) - Kelompok musik tribute The Beatles, G-Pluck, menutup rangkaian tur Inggris Raya pada perhelatan Liverpool International Beatleweek Festival 2023 dengan menggandeng seorang seniman jalanan Kota Liverpool ke atas panggung Cavern Pub, Selasa (29/8) malam waktu setempat.

G-Pluck yang beranggotakan Awan Garnida (bass), Gilang Pramudya (gitar/vokal), Fery Gustian (gitar/vokal), Beni Pratama (drums), dan Aufa Kantadiredja (keyboard/vokal) naik ke panggung pada pukul 10 malam dengan mengenakan setelan kemeja berwarna putih lengkap dengan rompi berwarna hitam.

Tampil selama 45 menit, Awan Garnida dkk. membawakan nomor-nomor hit yang dipopulerkan oleh The Beatles di antaranya "Twist and Shout", "From Me To You", "Love Me Do", "I Feel Fine", "Help", dan "In My Life".

Baca juga: G-Pluck hadirkan malam istimewa ajak penonton ke panggung Beatleweek

"Selama sepekan lebih berada di sini, kami telah mendapatkan begitu banyak teman baru yang menyenangkan. Salah satunya adalah Paul yang saya yakini bahwa Anda semua di sini pasti telah mengenalnya. Dia adalah seorang legenda," kata pemain bass Awan Garnida kemudian mengajak seorang penonton bernama Paul untuk bergabung ke atas panggung.

Bagi para penggemar The Beatles yang pernah berkunjung ke kawasan Cavern di Mathew Street 10 atau tepian Albert Dock, maka sosok Paul tidaklah asing. Pria berjanggut lebat yang identik dengan penutup kepala model beanie tersebut memang dikenal publik sebagai seorang seniman jalanan spesialis pelantun lagu-lagu The Beatles.
G-Pluck tampil bersama musisi jalanan Liverpool bernama Paul (tengah) di panggung Cavern Pub gelaran Liverpool International Beatleweek Festival 2023, Selasa (29/8). (ANTARA/Ahmad Faishal)

Baca juga: Telusuri Cavern, G-Pluck jadi subyek foto para pencinta The Beatles

Paul lantas berkawan akrab dengan para personel G-Pluck ketika Awan Garnida dkk. melihat penampilan sang seniman jalanan kala beraksi di kawasan warisan budaya Albert Dock pada suatu sore. Saat itu, Paul berjanji akan datang melihat penampilan band asal Jakarta di salah satu panggung Liverpool International Beatleweek Festival 2023.

Ketika Paul muncul untuk menyaksikan penampilan G-Pluck di Cavern Pub, maka frontman band Awan Garnida tanpa ragu mengajaknya naik ke atas panggung untuk turut bernyanyi memeriahkan suasana.

"Mereka ini (G-Pluck) sangat mempesona. Permainan mereka sungguh akurat. Melodi gitar sangat baik dengan harmonisasi suara yang tepat di setiap lagu. Sungguh menyenangkan memiliki mereka di sini. Saya yakin semua orang menyukai band ini dan berharap mereka akan kembali tahun depan," ucap Paul sebelum melantukan lagu "Penny Lane" yang dilanjutkan dengan "Here Comes The Sun".

G-Pluck telah menyelesaikan seluruh penampilan mereka pada gelaran Liverpool International Beatleweek Festival 2023 yang berlangsung sejak 23 Agustus lalu. Usai bermain di 10 panggung festival penggemar The Beatles terbesar sejagat raya itu, G-Pluck akan melanjutkan rangkaian tur mereka yang mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Bank BCA, dan JavaMifi tersebut ke beberapa lokasi di Belanda dan Jerman.

Di Belanda, G-Pluck akan tampil di Tong Tong Fair Den Haag. Setelah itu, mereka akan meneruskan perjalanan ke Jerman untuk bermain di Alte Feuerwache Köln dan Indra Klub Hamburg.

Baca juga: El Rumi meriahkan panggung penutup G-Pluck di Beatleweek Festival

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023