Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat melakukan uji emisi ratusan kendaraan dinas operasional (KDO) dan kendaraan Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah tersebut untuk menekan polusi udara.

Adapun uji emisi tersebut dimulai pukul 08.30-12.00 WIB di halaman Kantor Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Selasa.

"Uji emisi sebenarnya terbatas pada kendaraan dinas operasional (KDO) dan ASN di wilayah Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat," kata Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Barat, Ahmad Hariadi saat ditemui di lokasi pada Selasa.

Namun, lanjut dia, bagi warga yang sedang mengurus keperluan di lokasi tersebut dan ingin kendaraannya diuji emisi, tetap dilayani petugas.

"Ini layanan 'jemput bola', kita lakukan untuk memudahkan, terutama ASN untuk mendapatkan layanan ini," kata Ahmad.

Baca juga: Kenaikan ISPA pada balita di Jakarta masih tertangani Puskesmas
Baca juga: Balai Kota DKI harus jadi yang pertama lakukan "water mist"


Untuk melakukan uji emisi tersebut, pihaknya menggunakan tiga unit alat uji emisi, masing masing satu untuk sepeda motor, satu untuk mesin BBM bensin dan satu unit untuk BBM solar/diesel.

Untuk uji emisi kendaraan masyarakat umum, Ahmad menyarankan untuk memeriksakan kendaraannya secara berkala di bengkel-bengkel resmi.

"Ketika servis sekaligus uji emisi, jadi paketnya servis dan uji emisi. Kalau di Sudin LH digelar tiap Kamis, untuk karyawan ASN di wilayah Jakbar," katanya.

Kemudian, lanjut dia, setelah layanan "jemput bola" ke kecamatan-kecamatan, pihaknya akan membuka setiap Kamis di kantor Sudin LH Jakarta Barat (Jakbar) seperti biasa.

Ia menambahkan, kegiatan uji emisi sebagai upaya antisipasi dan pengendalian pencemaran udara melalui emisi bergerak, kendaraan bermotor yang disinyalir potensi paling besar dalam polusi udara. Utamanya dari kendaraan bermotor.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023