Semi terbuka artinya ada komite yang tangani dan membuat aturannya, terbuka kalau semua dibuka terlalu banyak (calon yang akan ikut maju-red) ,ada proses seleksi awal, menjelaskan visi dan misi dan setelah itu empat hingga lima bulan calon-calon akan
Cibubur, Bogor (ANTARA News) - Partai Demokrat akan memulai proses pemilihan bakal calon presiden untuk pilpres 2014 mendatang melalui tahapan pendaftaran calon mulai Juni 2013 mendatang.

Ketua harian Partai Demokrat Syarief Hassan usai mengikuti pertemuan kader Partai Demokrat dengan Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono di Cibubur, Jumat malam mengatakan sistem konvensi yang akan digunakan adalah sistem setengah terbuka dan ada komite yang akan mengelola proses itu.

"Semi terbuka artinya ada komite yang tangani dan membuat aturannya, terbuka kalau semua dibuka terlalu banyak (calon yang akan ikut maju-red) ,ada proses seleksi awal, menjelaskan visi dan misi dan setelah itu empat hingga lima bulan calon-calon akan mengerucut," katanya.

Pendaftaran, kata Syarief, dilakukan mulai Juni mendatang dan akan berproses.

Sementara itu untuk daftar calon sementara (DCS) anggota legislatif Partai Demokrat, kata Syarief Hassan, akan diserahkan ke KPU pada Minggu (21/4) mendatang.

Pengumuman pengurus Partai Demokrat, juga akan disampaikan pada Minggu (21/4) siang di Kantor DPP Partai Demokrat.

Sejumlah nama artis yang masuk ke dalam DCS, kata Ketua Satgas Penyusunan DCS Partai Demokrat Suaidi Marasabessy antara lain Yenny Rachman, Anwar Fuady dan Dede Yusuf serta Venna Melinda.

Susilo Bambang Yudhoyono pada Jumat (19/4) malam melakukan pertemuan dengan seluruh anggota Fraksi Demokrat di DPR RI dan Ketua DPD partai di Cibubur. Pertemuan berlangsung sejak pukul 19.15 WIB hingga 21.15 WIB dan tertutup dari liputan media.(*)


Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013