Tahapannya saya konsentrasi dulu ke gedung-gedung Pemda DKI, Balai Kota, Kantor Wali Kota dinas-dinas, sambil proses menyosialisasikan
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mempercepat transisi kendaraan listrik untuk mengurangi polusi di ibu kota dan sekitarnya.

Hal itu disampaikan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono usai mengikuti rapat terbatas membahas polusi udara bersama Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

“Hari ini Presiden memimpin rapat tentang polusi, salah satu yang ditugaskan kepada kami supaya bisa mempercepat transisi kendaraan (listrik) khususnya Transjakarta. Tadi diminta ditambah (tahun) 2024, namun kami sedang hitung kemampuan dari APBD DKI. Tentunya tadi saya (juga) minta kepada pemda lainnya misalnya Bogor, Bekasi, Depok untuk turut serta membeli kendaraan listrik,” ujar Heru.

Selain transisi kendaraan listrik, pemda DKI Jakarta juga akan meminta pengelola gedung-gedung tinggi untuk menyemprotkan air dari atas gedung secara serentak guna mengurangi polusi.

“Tahapannya saya konsentrasi dulu ke gedung-gedung Pemda DKI, Balai Kota, Kantor Wali Kota dinas-dinas, sambil proses menyosialisasikan gedung-gedung milik swasta, pemerintah pusat dan BUMN. Itu tugas yang diberikan Pak Presiden kepada kami,” ujarnya.

Presiden juga meminta semua pihak di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi untuk menanam pohon.

Heru mengatakan pihaknya sejak Juli 2023 sudah menanam 25.567 pohon berukuran 2-3 meter, dan akan terus dilanjutkan.

Lebih jauh Heru Budi Hartono juga mengimbau anak-anak untuk memakai masker saat berkegiatan di luar rumah guna mencegah paparan polusi udara di DKI Jakarta.

​​​​​​“Menyambung Menkes bahwa memang benar ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) ada kenaikan sedikit 24-31 persen, khususnya balita. Jadi kami imbau anak kecil kalau keluar rumah pakai masker,” imbaunya.

Baca juga: Ini penegasan Pj Gubernur DKI terkait ganjil genap 24 jam

Baca juga: Pemda Bali rancang pendapatan daerah Rp5 triliun

Baca juga: Pemprov DKI minta mobil di atas 2.400 CC pakai Pertamax Turbo


Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023