Mamuju (ANTARA News)- Komisi II DPR RI mengunjungi Provinsi Sulawesi Barat dalam rangka memantau kasus sengketa lahan masyarakat yang terjadi di wilayah itu.

Rombongan Komisi II DPR RI diterima Wakil Gubernur Sulbar, Aladin S Mengga dan Sekertaris Daerah Provinsi Sulbar, Ismail Zainuddin di Mamuju, Selasa.

Anggota Komisi II DPR RI Rahadi Zakaria, SIP, MH mengatakan, kunjungan ke Sulbar dalam rangka memantau sengketa lahan yang terjadi di Sulbar baik yang terjadi antara masyarakat maupun dengan perkebunan besar serta dengan pemerintah.

Selain itu juga memantau kondisi kepegawaian di sulbar mengenai jumlahnya, apakah sudah memenuhi kebutuhan dalam memaksimalkan pelayanan pemerintahan atau tidak, serta untuk mendorong peningkatan kinerja pegawai.

Menurut dia, anggota DPR RI di sulbar juga akan memantau pelaksanaan program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) serta memantau kesiapan pelaksanaan Pilkada yang digelar di berbagai daerah di sulbar agar berlansung sukses dan lancar.

Zakaria mengatakan, DPR RI juga akan menjadwalkan dialog dengan beberapa instansi di sulbar terkait kondisi yang akan dipantau DPR-RI itu, diantaranya dengan menggelar dialog aparat pemerintah pada Badan Pertanahan Sulbar, KPU Provinsi Sulbar, dan Bawaslu Sulbar.

Ia mengatakan, DPR RI selama di Provinsi Sulbar juga akan menjadwalkan kunjungan kerja keberbagai Kabupaten di Sulbar yang memiliki persoalan lahan dan daerah yang sedang melaksanakan pilkada.

Ia mengatakan, hasil kunjungan DPR RI di sulbar ini akan menjadi masukan bagi pemerintah ditingkat pusat demi pelaksanaan yang lebih baik.

"Apapun masalah yang ditemukan di Sulbar akan berupaya diselesaikan, dengan koordinasi bersama pemerintah pusat, agar Sulbar sebagai salah satu daerah baru di Indonesia, pembangunannya lebih baik dan lebih berkembang seperti daerah lainnya di Indonesia yang sudah maju," katanya.

Pewarta: M Faisal Hanapi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013