Jakarta (ANTARA) - Brad Binder dikonfirmasi akan menjadi pembalap utama untuk tim MotoGP Red Bull KTM hingga akhir 2026.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada KTM dan manajemen karena telah mempercayai saya dan membiarkan saya terlibat dalam program luar biasa ini selama beberapa tahun lagi," kata Binder, dikutip dari keterangan resmi KTM, Senin.

Keputusan Binder untuk tetap tinggal di tim yang identik dengan warna oranye tersebut akan memperpanjang hubungan baik mereka yang sudah terjalin sejak tahun 2015 ketika Binder masih berkompetisi untuk kelas balap Moto3.

Pembalap asal Afrika Selatan itu kemudian menjadi juara Moto3 pada 2016 bersama tim Red Bull KTM Ajo, dan kemudian meraih delapan kemenangan dan 15 podium di kelas Moto2. Ia lalu bergabung untuk kelas MotoGP pada tahun 2020 hingga saat ini.

"Tahun 2015 dan balapan KTM pertama saya terasa seperti sudah lama sekali. Tapi, waktu juga berlalu dengan cepat dan kami telah membuat beberapa kenangan spesial. Saya yakin masih banyak lagi yang akan datang dan tidak sabar untuk membangun cerita-cerita itu," ujar dia.

Baca juga: Binder bertekad akhiri dominasi Ducati di MotoGP Austria
Baca juga: Bagnaia tak hiraukan "ancaman" Binder di MotoGP Austria


Manajer Tim Red Bull KTM Factory Racing Francesco Guidotti menilai, Binder telah menjadi kekuatan bagi tim sehingga mereka memutuskan untuk mempertahankannya hingga tiga tahun ke depan.

"Ia membawa semangat kemenangan buat kami, pun stabilitas dan pemahaman penting tentang KTM. Ia selalu menjadi pembalap yang menarik untuk ditonton dan orang yang hebat untuk diajak bekerja sama," ujar Guidotti.

"Saya ingin berterima kasih padanya atas kepercayaannya pada kami dan untuk bagaimana kami telah bekerja sama hingga sejauh ini. Masih banyak potensi yang akan datang," imbuhnya.

Binder pun baru saja finis sebagai runner up pada MotoGP Austria, Minggu (20/8). Konsistensinya untuk memberikan penampilan terbaik di setiap putaran MotoGP musim ini juga menjadi pertimbangan bagi KTM untuk menjalin hubungan baik tersebut lebih lanjut lagi.

"Kami telah mencapai dan mengalami begitu banyak hal bersama, dan itu membuat kami sangat bangga bahwa dia ingin melanjutkan mengendarai RC16 kami dan tetap dalam warna oranye," kata Direktur Olahraga Motor KTM Pit Beirer.

Baca juga: Bagnaia sempurnakan hari kedua MotoGP Austria dengan kemenangan Sprint

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023