... ke situs www.australiaawardsindo.or.id... "
Palangkaraya, Kalimantan Tengah (ANTARA News) - Pemerintah Australia kembali menawarkan beasiswa program S2 dan S3 bagi sarjana, pejabat pembuat kebijakan, peneliti serta para dosen di Kalimantan Tengah.

"Program beasiswa ini sebenarnya sudah berlangsung lama, sejak dasawarsa 60-an, namun untuk tahun ini sudah dibuka pendaftaran sejak 4 maret 2013 lalu, " kata Duta Beasiswa Australia Awards Wilayah Kalimantan Tengah, Farid Wajdi, Jum'at.

Tahun lalu, kata Wajdi, penerima beasiswa Australia Awards Scholarship di Kalimantan Tengah berjumlah enam orang. Mereka adalah sarjana dan pascasarjana yang akan mengikuti empat program pendidikan yang ditawarkan pemerintah Australia.

Program studi tersebut antara lain manajemen ekonomi dan pertumbuhan berkelanjutan, keadilan demokrasi dan tata kelola pemerintahan, investasi SDM, dan program studi keamanan dan perdamaian.

Beasiswa ini terbuka bagi individu dari sektor pemerintahan dan swasta. Namun pendaftar hanya terbatas pada umur maksimal 42 tahun. Ketentuan lain memiliki indeks prestasi kumulatif minimal 2,90 serta kemampuan bahasa Ingris (TOEFL) minimal 500.

Kata dia, peserta beasiswa Australia Award dari Kalimantan Tengah masih sangat sedikit. Dia berharap tahun ini pendaftar akan lebih banyak.

Lebih lanjut kata dia, penawaran beasiswa ini dialokasikan sebanyak 65 persen untuk PNS. Sedang sisanya 35 persen untuk swasta. Beasiswa dialokasikan untuk 500 peserta setiap tahun.

"Bagi yang berminat silakan mendaftar sebelum 19 Juli 2013, pendaftar dapat menghubungi Australia Awards Scholarship Office di Gedung Wira Usaha di Jakarta, untuk wilayah Kalimantan Tengah dapat menghubungi Dinas Sosial Kalimantan Tengah, atau ke situs www.australiaawardsindo.or.id, " ujarnya.

(KR-OSL/N001)

Pewarta: Osten Sialagan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013