... yang bermasalah kantong udara adalah RX-8 dan model 2002 Mazda 6... "
Manila (ANTARA News) - Merek mobil asal Jepang Nissan dan Mazda tidak melakukan penarikan atau recall dari pasaran kendaraan yang telah terjual di Filipina dan tidak terpengaruh global airbag recall yang dilakukan saingan mereka, Honda.

Nissan Filipina telah mengkonfirmasikan, mereka tidak terkena dampak penarikan global.

Sementara itu, Berjaya Auto Filipina, distributor setempat Mazda, mengkonfirmasi kepada Manila Bulletin di Manila, Kamis, mereka tidak menjual satupun kendaraan yang termasuk dalam penarikan global.

Kendaraan yang bermasalah kantong udara adalah RX-8 dan model 2002 Mazda 6. RX-8 tidak resmi dijual di Filipina sementara Mazda 6 hanya diperkenalkan di pasar pada 2004.

Menurut Berjaya, tidak ada kendaraan Mazda di Filipina yang terpengaruh penarikan karena kantong udara itu.

"Penarikan kembali mempengaruhi Mazda 6 yang dirancang antara 2002 dan 2003. Mazda 6 ini pertama kali diluncurkan di Filipina pada pertengahan 2004," demikian disampaikan perwakilan Berjaya.

Mereka menambahkan, Mazda RX-8 tidak pernah diperkenalkan ke Filipina.

Toyota Motor Filipina mengatakan, perusahaan itu masih berkoordinasi dengan kantor regional mereka untuk informasi mengenai penarikan global, dan belum ditentukan jika recall berpengaruh terhadap kendaraan yang dijual di pasar Filipina.

Penarikan terjadi setelah empat produsen menemukan bahwa airbag inflators di kursi depan penumpang dirancang dengan tidak benar yang dapat menyebabkan inflator pecah dan airbag penumpang depan berfungsi tidak normal dalam tabrakan.

Penarikan itu berpengaruh terhadap 3,39 juta kendaraan secara global, dimana Honda telah menarik 9.700 kendaraannya.

(H016)

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013