Penangkapan oknum pegawai pajak, menunjukkan sudah adanya perbaikan dan itu berjalan baik
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi XI DPR RI, Vera Febyanthy mengatakan, petugas pajak harus proaktif untuk memberi tahu kepada wajib pajak bila terjadi keterlambatan pembayaran pajak.

"Bila ada wajib pajak yang terlambat membayar pajak, maka petugas pajak harus secara cepat memberitahukan. Hal ini untuk mencegah terjadinya ruang atau celah negosiasi antara oknum pajak dengan wajib pajak," kata Vera di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta. Kamis.

Ia juga meminta kepada Direktorat Pajak untuk memperbaiki sistem pembayaran pajak.

"Sarana prasana seperti pembayaran secara online belum berjalan dengan optimal sehingga masih terjadi pemerasan. Ini harus diperbaiki guna mencegah terjadinya pemerasan," kata dia.

Disamping itu, politisi Partai Demokrat itu juga meminta kesadaran wajib pajak untuk membayar kewajibannya.

"Saat ini masih dinilai rendahnya self assement (kesadaran diri) wajib pajak.

Saya menghimbau kepada wajib pajak harus berani melaporkan kepada Inspektorat Jenderal Pajak bila ada oknum pegawai pajak yang mencoba melakukan negosiasi," katanya.

Terkait penangkapan oknum petugas pajak Pargono Riyadi kemarin di Gambir, Vera menyebutkan, penangkapan tersebut merupakan cermin dari ketegasan Direktorat Pajak.

"Penangkapan oknum pegawai pajak, menunjukkan sudah adanya perbaikan dan itu berjalan baik. Kalau tidak ada yang tertangkap, maka terjadi pembiaran," kata dia.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013