Jakarta (ANTARA News) - Sebuah perusahaan pembuat aplikasi keamanan, AOptix Stratus, menjadikan pengguna IPhone dapat memeriksa identitas melalui mata, wajah, sidik jari, dan suara.

Ada banyak aplikasi identifikasi biometrik lainnya yang dimasukkan ke dalam perangkat mobile hanya fokus pada satu aspek di waktu yang bersamaan, apakah sidik jari atau suara, dan seringkali akses ke perangkat masing-masing, seperti dilansir di Engadget, Rabu.

AOptix begitu luas. Aplikasi buatan AOptix ini menggabungkan sistem terbaru buatan Stratus yaitu Stratus MX. Aplikasi tersebut bisa berfungsi untuk memindai wajah, kornea mata, sidik jari dan suara sekaligus. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk di kantor ataupun pemeriksaan program ID nasional.

Sistem ini kemudian dimodifikasi supaya bisa digunakan pada handset iPhone 4 atau iPhone 4S. Ketika dipakai, handset bisa berfungi seperti pemindai identitas yang biasa ada di kantor, hanya saja lebih mudah dibawa-bawa.

Selain membuatkan aplikasi untuk memindai, AOptix juga menyediakan aksesoris tambahan agar iPhone dan aplikasinya tersebut bisa digunakan lebih optimal. (*)

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013