Jakarta (ANTARA) - OPPO mengumumkan peluncuran kegiatan eksperimental yang luas menampilkan versi baru dari Asisten Xiao Bu, yang dibangun di atas large language model (LLM) atau model bahasa besar mereka AndesGPT.

Versi terbaru Asisten Xiao Bu dijanjikan akan menandai kemajuan signifikan dalam teknologi percakapan kecerdasan buatan (AI) dengan kemampuan pemahaman semantik yang ditingkatkan, kemampuan untuk menghasilkan konten dari perintah teks, dan keterampilan ringkasan yang ditingkatkan, menurut laporan Gizmochina, Senin (14/8).

AndesGPT, yang menjadi inti dari Asisten Xiao Bu yang ditingkatkan, adalah model bahasa besar yang dikembangkan oleh tim Andes Intelligent Cloud OPPO.

Baca juga: OPPO luncurkan Reno10 Series 5G tawarkan gambar portrait profesional

LLM itu beroperasi pada arsitektur awan hibrida dan telah dikembangkan selama dua tahun, mengikuti serangkaian model yang dikembangkan sendiri, yaitu OBERT, dengan tingkat kompleksitas dan kemampuan kinerja yang berbeda.

Model-model OBERT memiliki parameter mulai dari seratus juta hingga satu miliar dan berhasil meraih pengakuan, secara singkat menempati peringkat kelima dalam tolok ukur pemahaman bahasa Tionghoa CLUE1.1 dan peringkat pertama dalam papan skor pertanyaan-jawaban grafik pengetahuan berskala besar KgCLUE1.0.

AndesGPT dibangun di atas model OBERT, mengadopsi berbagai teknologi kunci yang membawa fitur-fitur uniknya, termasuk pembelajaran berkelanjutan dari data dialog berbahasa Tionghoa, penyesuaian instruksi, penggabungan pembelajaran penguatan dengan umpan balik manusia, dan peningkatan basis pengetahuan.

Kombinasi teknologi seperti itu menjadikannya proyek yang ambisius, mewakili upaya OPPO untuk berada di garis depan AI percakapan. AndesGPT menempati peringkat kelima dalam peringkat evaluasi C-Eval pada bulan Juni tahun ini.

Langkah OPPO sejalan dengan tren dalam industri teknologi di mana integrasi AI menjadi standar, mengikuti perusahaan lain seperti Huawei dan Xiaomi. 

Baca juga: Amazon hadirkan teknologi AI yang mampu merangkum ulasan produk

Baca juga: Google akan hadirkan fitur AI generatif untuk Assistant

Baca juga: Terjun ke tren AI, Dell hadirkan Dell Generative AI Solutions

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023