Beijing (ANTARA) - Unit kendaraan energi baru atau new energy vehicle (NEV) ke-5 juta yang diproduksi oleh pabrikan NEV terkemuka China, BYD, meluncur dari lini produksi pada Rabu (9/8).

China telah menjadi negara dengan produksi dan penjualan mobil terbesar di dunia selama 14 tahun berturut-turut. Selain itu, produksi dan penjualan NEV negara itu telah menduduki posisi teratas dalam pasar global selama delapan tahun beruntun.

Secara spesifik, ekspor kendaraan China melonjak menjadi sekitar 1,07 juta unit pada kuartal pertama (Q1) 2023, tunjuk data dari Administrasi Umum Kepabeanan (General Administration of Customs/GAC) China.

Hal itu mengindikasikan bahwa China telah menjadi negara pengekspor mobil terbesar di dunia selama periode tersebut, yang bahkan melampaui Jepang.
 
Foto yang diabadikan pada 19 Juni 2023 ini menunjukkan sejumlah karyawan bekerja di sebuah pabrik milik Lotus di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah. (Xinhua/Cheng Min)Foto dari udara yang diabadikan pada 26 Juli 2023 ini menunjukkan deretan kendaraan buatan dalam negeri di kawasan berikat komprehensif Horgos di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut. Semakin banyak mobil buatan China telah diekspor melalui Pelabuhan Horgos, salah satu pelabuhan China yang paling dekat dengan Asia Tengah dan Eropa via transportasi darat, ke negara-negara di sepanjang Sabuk dan Jalur Sutra, termasuk Kazakhstan, Uzbekistan, dan Rusia. (Xinhua/Ding Lei)
 
Foto dari udara yang diabadikan pada 26 Juli 2023 ini menunjukkan deretan kendaraan buatan dalam negeri di kawasan berikat komprehensif Horgos di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut. Semakin banyak mobil buatan China telah diekspor melalui Pelabuhan Horgos, salah satu pelabuhan China yang paling dekat dengan Asia Tengah dan Eropa via transportasi darat, ke negara-negara di sepanjang Sabuk dan Jalur Sutra, termasuk Kazakhstan, Uzbekistan, dan Rusia. (Xinhua/Ding Lei)   NEV menjadi sorotan utama ekspor kendaraan China. Menurut data dari Asosiasi Produsen Mobil China (China Association of Automobile Manufacturers/CAAM), produsen-produsen mobil China telah mengekspor 457.000 unit NEV dari Januari hingga Mei 2023, naik 1,6 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
 
   NEV menjadi sorotan utama ekspor kendaraan China. Menurut data dari Asosiasi Produsen Mobil China (China Association of Automobile Manufacturers/CAAM), produsen-produsen mobil China telah mengekspor 457.000 unit NEV dari Januari hingga Mei 2023, naik 1,6 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.Foto yang diabadikan pada 15 Februari 2023 ini menunjukkan sebuah pabrik milik produsen kendaraan listrik (electric vehicle/EV) China Li Auto Inc. di Changzhou, Provinsi Jiangsu, China timur. (Xinhua/Li Bo)


Sejak 2020, produsen mobil listrik China mulai memasuki pasar mobil arus utama (mainstream) luar negeri dan menjadi lebih kompetitif dengan mengandalkan teknologi ciptaan mereka dan strategi pasar yang tertarget.
 
Foto yang diabadikan pada 15 Februari 2023 ini menunjukkan sebuah pabrik milik produsen kendaraan listrik (electric vehicle/EV) China Li Auto Inc. di Changzhou, Provinsi Jiangsu, China timur. (Xinhua/Li Bo)Foto tanpa keterangan tanggal ini menunjukkan lini produksi kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) milik BYD di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China selatan. (Xinhua/BYD)
 
Foto tanpa keterangan tanggal ini menunjukkan lini produksi kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) milik BYD di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China selatan. (Xinhua/BYD)Foto dari udara yang diabadikan pada 12 Oktober 2022 ini menunjukkan deretan kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) di sebuah pabrik milik produsen mobil China Chery Holding Group Co., Ltd. di Kota Wuhu, Provinsi Anhui, China timur. (Xinhua/Zhou Mu)
 
Foto dari udara yang diabadikan pada 12 Oktober 2022 ini menunjukkan deretan kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) di sebuah pabrik milik produsen mobil China Chery Holding Group Co., Ltd. di Kota Wuhu, Provinsi Anhui, China timur. (Xinhua/Zhou Mu
 
 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Sella Panduarsa Gareta
Copyright © ANTARA 2023