Taiyuan (ANTARA) - Provinsi Shanxi, China utara, telah menangani 700 perjalanan kereta kargo China-Eropa sejak layanan tersebut diluncurkan pada 2017, demikian disampaikan otoritas setempat.

Kereta kargo ke-700 itu, yang memuat barang-barang seperti peralatan makan keramik, ban mobil, alat kelengkapan pipa, dan produk kaca, berangkat dari kawasan logistik Zhongding di Shanxi pada 5 Agustus, menurut China Railway Taiyuan Group Co., Ltd.

Kereta yang mengangkut 77 kontainer dengan total volume kargo sekitar 1.814 ton tersebut akan melewati pelabuhan Horgos di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, dan tiba di negara-negara tujuan termasuk Kazakhstan dalam waktu sekitar 10 hari.

Sejak 2017, Shanxi telah meluncurkan 10 rute kereta kargo China-Eropa yang menghubungkan 13 negara di sepanjang Sabuk dan Jalur Sutra.

Seiring dengan upaya provinsi itu untuk terus memperluas keterbukaan tingkat tinggi, kategori barang yang diekspor dengan kereta kargo China-Eropa secara bertahap berkembang dari barang-barang awal seperti roda, baja tahan karat, dan modul fotovoltaik surya hingga kini menjadi beragam kategori, termasuk obat-obatan, flensa, keramik, barang pecah belah, kenari, dan produk-produk khas lokal lainnya. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023