Surabaya (ANTARA News) - Maskapai penerbangan nasional Sriwijaya Air mulai 9 April mendatang melayani jalur penerbangan Surabaya-Palangka Raya PP (pergi-pulang) empat kali sepekan dengan menggunakan pesawat Boeing 737-400.

"Penerbangan ini merupakan jalur yang ditinggalkan oleh Batavia Air," kata Agus Soedjono, Senior Manager Corporate Communication Sriwijaya Air (SA), dalam "Agent Gathering" dalam rangka peluncuran rute baru Surabaya-Palangka Raya di salah satu hotel berbintang di Surabaya, Jumat malam.

Ia menuturkan SA melayani jalur ini karena permintaan pelanggan cukup tinggi, sementara maskapai yang melayani terbatas pasca-bangkrutnya Batavia Air.

"Ini adalah salah satu bentuk perhatian dan komitmen kami terhadap kebutuhan pelanggan yang hendak melakukan perjalanan dari Surabaya ke Palangka Raya," ucapnya.

Untuk sementara, SA melayani jalur Surabaya-Palangka Raya setiap hari Senin, Selasa, Kamis dan Sabtu dengan frekuensi penerbangan sekali setiap hari. Jadwal penerbangan dari Surabaya pukul 13.35 WIB dan tiba di Palangka Raya 14.45 WIB, sementara sebaliknya dari Palangka Raya berangkat 15.15 dan tiba di Kota Pahlawan 16.25 WIB.

Agus mengemukakan ini merupakan langkah awal penjajakan jalur baru, dan tidak menutup kemungkinan bila respons masyarakat tinggi maka pihaknya akan meningkatkan frekuensi penerbangan.

SA kini memiliki armada 38 pesawat yang menerbangi 41 kota tujuan dengan dua jalur penerbangan regional.

Pada kesempatan itu SA memberikan apresiasi kepada biro perjalanan yang berada di wilayah Surabaya, Kediri dan Gresik, Jatim berupa penghargaan 10 agen terbaik dan terbesar di Surabaya, lima di Kediri dan lima di Gresik.

Dalam acara yang dihadiri sekitar 500 pengelola biro perjalanan di tiga kota tersebut, ditampilkan grup band legendaris asal Jatim (Tuban) yaitu Koes Plus serta pedangdut ibu kota, Tommy Ali. (C004/I007)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013