Besok Komnas HAM akan bertemu dengan Panglima TNI"
Jakarta (ANTARA News) - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia akan bertemu Panglima TNI pada Jumat (5/4/13) untuk mengklarifikasi sejumlah hal terkait penyerangan narapidana di Lapas Kelas IIB Cebongan, Sleman, Yogyakarta yang menewaskan empat orang.

"Besok Komnas HAM akan bertemu dengan Panglima TNI untuk melakukan klarifikasi. Misalnya apakah korban meninggal di Hugo`s Cafe itu statusnya seperti apa," kata komisioner Komnas HAM Nur Kholis di Mabes Polri Jakarta, Kamis.

Dia juga mengatakan kemungkinan akan mempertanyakan peran Sersan Satu Heru Santoso dalam kejadian di Hugo`s Cafe.

Namun Nur Kholis menyatakan belum bisa menyiapkan temuan-temuan itu untuk dipublikasikan ke masyarakat karena perlu diintegrasikan bersama tim.

"Dari awal sudah saya katakan peristiwa di Hugo`s Cafe kemungkinan berhubungan dengan peristiwan Lapas. Cuma `kan itu baru asumsi awal Komnas HAM. Itu kami harus bekerja mengumpulkan bukti, memeriksa keterangan saksi," katanya.

Nur Kholis juga menuturkan tiga institusi yang saat ini tengah melakukan penyelidikan kasus penembakan di Lapas Cebongan itu nantinya akan saling mengkoordinasikan hasil temuan yang didapat.

Pertemuan dengan Polri yang dilakukan Kamis siang ini, menurut Ketua Komnas HAM Siti Noor Laila, untuk mengkoordinasikan temuan-temuan awal terkait kasus penyerbuan dan pembunuhan tahanan di Lapas Cebongan.

Menurut Siti, ada indikasi pelanggaran HAM dalam kejadian itu di antaranya perampasan atas hak hidup, rasa aman dan terbebas dari penganiayaan dan perampasan.

"Penganiayaan (terjadi) terhadap petugas Lapas," katanya.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013